Objek-objek Wisata di Bengkulu yang Menarik dan Wajib Dikunjungi - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Objek-objek Wisata di Bengkulu yang Menarik dan Wajib Dikunjungi

Danau Mas Harun Bastari, Bengkulu

INPHEDIA.ID - Di Provinsi Bengkulu banyak tempat wisata alam, seperti danau, pantai, hingga air terjun yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, Bengkulu identik dengan bunga Rafflesia Arnoldi. Bunga ini bunga yang paling besar di dunia dengan diameter sampai dengan 100 cm.

Di samping itu, Bengkulu juga dikenal sebagai bekas daerah monopoli lada Inggris di Indonesia dan tempat pembuangan pejuang kemerdekaan, seperti tokoh proklamator Bung Karno.

Benteng Marlborough Peninggalan Inggris
 

Benteng Marlborough merupakan benteng Inggris yang berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk Kota Bengkulu sebagai suatu daerah perdagangan serta monopoli lada. Benteng ini letaknya ada di Pantai Barat Sumatera. Benteng yang konon merupakan benteng Inggris yang paling kuat di bagian timur setelah Benteng St. George yang berlokasi di Madras, India ini, dibangun oleh East India Company atau EIC pada masa pemerintahan Gubernur Joseph Callet yang berlangsung pada tahun 1713 sampai dengan 1719.

Benteng yang berdiri di atas lahan seluas 44.100 meter persegi dengan panjang areanya 240,5 meter dan lebar mencapai 170,5 meter, letaknya saling bertolak belakang dengan Samudera Hindia. Salah satu obyek wisata sejarah di Bengkulu ini bentuknya mirip sekali dengan kura-kura. Ada jembatan yang menjadi penghubung bagian badan dengan kepalanya.

Museum Negeri Bengkulu

Di tempat inilah beragam koleksi berupa benda cagar budaya disimpan demi keamanan. Di awal berdirinya, Museum Negeri Bengkulu ada di dalam Benteng Marlborough. Akan tetapi beberapa tahun setelah itu, lokasi benteng dipindah ke gedung baru hingga saat ini. Pemindahan lokasi dilakukan pada tanggal 3 Januari 1983.

Ada dua ruang pameran di museum ini yang menyimpan sekitar 6.220 koleksi dengan 10 kategori. Diantaranya adalah biologika, geologika, arkeologika, historika, etnografika, numismatika, keramologika, filologika, teknologika, sampai dengan seni rupa. Sebagian besar koleksi dari museum ini adalah benda etnografi, yaitu benda-benda perlengkapan hidup. Sebagai contoh adalah senjata, kain tenun, sampai dengan benda-benda yang dipakai untuk upacara.

Benda-benda yang dikoleksi ada yang termasuk benda kuno yang tentunya sudah tidak dibuat lagi masa sekarang ataupun benda yang masih diproduksi hingga saat ini. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dngan 13.00 (kecuali pada hari Senin).

Rumah Pengasingan Proklamator Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu pada mulanya merupakan milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, lalu disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 sampai dengan 1942.

Di tempat ini juga Soekarno bertemu dengan Ibu Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan merupakan orang yang menjahit bendera merah putih di saat proklamasi 17 Agustus 1945. Walaupun berada di pengasingan, Soekarno tidak pernah berhenti menyusun berbagai strategi perjuangan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Tempat wisata ini juga menyimpan bermacam benda bersejarah, diantaranya adalah sepeda ontel kesayangan Bung Karno, surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, sampai dengan koleksi buku serta barang peninggalan Soekarno lainnya.

Pantai Tapak Paderi, Pelabuhan Laut Pertama di Bengkulu

Pantai Tapak Paderi memiliki garis pantai panjang dan indah ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Tapak Paderi awalnya adalah pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu yang bermanfaat sebagai pendukung transportasi laut Pemerintah Inggris yang lokasinya dekat dengan Benteng Marlborough.

Dari pantai ini anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dan dari atas Tapak Paderi akan terlihat cantiknya laut Bengkulu. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berada di sini selain main di pantai dan main pasir adalah menyusuri kawasan pantai dan menikmati lezatnya jagung bakar.

Pantai Panjang, Wisata Pantai di Pepohonan Cemara dan Pinus
 

Pantai Panjang mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai dengan namanya, yaitu mencapai 7 km. Fasilitas yang tersedia di obyek wisata Bengkulu yang satu ini tergolong lengkap mulai dari penginapan, area bermain anak-anak, pusat belanja, sampai dengan restoran dan café serta area olahraga, semuanya tersedia.

Apabila ditempuh dari pusat kota menuju Pantai Panjang, kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan jarak kurang lebih 3 km. Keindahan pantai ini terletak pada pepohonan cemara dan pinus yang banyak tumbuh di bibir pantai, pasir putih halus dan bersih, serta sunset yang menawan.

Kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Panjang, antara lain adalah jogging, bermain voli pantai, serta surfing menaklukkan ombak pantai ini. Jika anda merasa lapar, silakan memilih tempat makan yang banyak terdapat di sekitar Pantai Panjang. Pilih yang sesuai dengan selera anda.

Danau Dendam Tak Sudah, Kawasan Cagar Alam Bengkulu


Danau Dendam Tak Sudah yang memiliki panorama memikat ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara. Apabila ditempuh dari pusat Kota Bengkulu maka jaraknya kurang lebih 6 km. Danau ini mempunyai flora dan fauna yang begitu kaya, ditambah dengan banyak bukit hijau yang mengelilinginya membuat danau berhawa sejuk segar ini dijadikan kawasan cagar alam. Salah satu hal menyenangkan yang dapat dilakukan ketika anda berwisata ke Danau Dendam Tak Sudah adalah naik rakit berkeliling danau serta memancing.

Berwisata ke Kota Curup, Daerah Berhawa Dingin di Bengkulu

Kota Curup merupakan ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Di kota inilah kita dapat menyaksikan secara langsung bunga terbesar di dunia yang bernama Rafflesia Arnoldi. Namun, jika hendak berkunjung ke mari disarankan untuk menggunakan sweater atau jaket dikarenakan hawa kota yang dingin yaitu mencapai 18 oC pada pagi harinya.

Berwisata ke Rejang Lebong, Daerah Pegunungan yang Indah

Rejang Lebong salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang berada di atas pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian tempat antara 100-1000 meter di atas permukaan air laut. Di sini sebetulnya akan banyak anda temukan petak-petak tanaman buah serta sayuran. Tapi petak tanaman itu tak akan terlihat jelas (samar-samar) karena berselimut kabut tebal.

Bagi anda yang ingin melihat keindahan alam memikat, dari Kota Curup anda dapat langsung tancap gas menuju Bukit Kaba. Atau jika anda ingin merasakan sensasi mandi di sumber air panas supaya tubuh terasa segar kembali, anda dapat mengunjungi obyek wisata Suban Air Panas (sumber air panas alami yang airnya benar-benar berasal dari pegunungan yang langsung dialirkan ke kolam-kolam).


Bukit Kaba, Gunung Berapi Aktif Tipe A

Bukit Kaba termasuk jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Lokasi yang satu ini masuk dalam kategori gunung aktif tipe A, maksudnya adalah gunung yang pernah meletus sejak tahun 1600 sampai dengan sekarang. Bukit yang mempunyai ketinggian 1.952 meter di atas permukaan air laut ini mempunyai 8 kawah. Lima kawah di antaranya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan (vegetasi).

Apabila anda ingin menikmati indahnya Gunung Kaba yang biasa disebut Bukit Kaba oleh warga sekitar, anda harus mendaki anak tangga sebanyak 307 buah. Setelah itu barulah tampak lukisan alam hijau Bukit Kaba yang menawan.

Beragam kegiatan menarik bisa kita lakukan ketika tengah liburan ke Bukit Kaba, antara lain menyaksikan indahnya Bukit Barisan, sunset yang mempesona, berkemah, serta melihat kecantikan Kota Curup yang berhias lampu-lampu di malam hari.

Pulau Tikus, Pulau Terhubung Langsung ke Samudera Hindia

Tempat wisata di Bengkulu yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Tikus yang luasnya sekitar 1,5 hektar. Letaknya 10 km sebelah barat Kota Bengkulu. Pulau yang ada di Bengkulu ini sekelilingnya memiliki terumbu karang luas. Terumbu karang tersebut benteng alami yang melindungi Pulau Tikus dari abrasi yang disebabkan oleh gelombang air laut yang besar.

Daya tarik dari Pulau Tikus adalah panorama alam yang mempesona, air laut yang bening, batu karang cantik serta ikan berwarna-warni. Di sini kita bisa melakukan snorkeling untuk melihat lebih dekat batu karang yang cantik itu.

Pulau ini berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk mencapai obyek wisata Pantai Tikus, kita dapat sewa kapal dari Pantai Jakat dengan waktu  tempuh selama kurang lebih 1 jam. Kalau sewa boat, waktu tempuhnya akan lebih singkat yaitu sekitar 40 menit apabila kita dari Pelabuhan Pulau Baai.

Dahulu, pantai ini dimanfaatkan sebagai tempat kapal-kapal berlindung dari dahsyatnya ombak Samudera Hindia. Sayangnya terumbu karang di Pulau Tikus, lama kelamaan menjadi rusak. Hal ini terjadi akibat ulah manusia yang merusak ekosistem terumbu karang itu. Abrasi yang kian cepat dari tahun ke tahun yang melanda Pulau Tikus menyebabkan luas pulau semakin menyempit.

Masjid Jamik Bengkulu, Peninggalan Presiden RI Pertama

Salah satu peninggalan dari presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu adalah Masjid Jamik Bengkulu, yang beralamat di Jalan Soeprapto, Bengkulu. Selama diasingkan Presiden Soekarno membangun masjid ini bersama masyarakat sekitar.

Atap masjid yang berbentuk limas merupakan simbol persatuan budaya antara Bengkulu dengan Indonesia. Hal ini merupakan nilai budaya yang diterapkan di rumah ibadah di Indonesia. Tidak heran, masjid ini adalah yang paling populer di Bengkulu karena nilai arsitekturnya yang tinggi. Selain di bengkulu ada juga tempat wisata di Mojosari yang memiliki masjid indah.

Sungai Air Berau, Wisata Olahraga Arung Jeram

Seperti halnya tempat wisata lain di Indonesia yang memiliki objek wisata arung jeram, obyek wisata Bengkulu yang selanjutnya adalah Sungai Air Berau, yang beralamat di Kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Tempat ini cocok sekali bagi anda yang suka petualangan. Di sungai ini anda bisa melakukan olahraga arung jeram yang dapat memicu adrenalin.

Arus sungai yang begitu deras membuatnya pas untuk melakukan arung jeram. Selain olahraga arung jeram, yang menjadi daya tarik obyek wisata yang satu ini adalah adanya upacara adat bernama upacara anak daro mandi ke air, maksudnya adalah upacara memandikan bayi baru lahir ke Sungai Air Berau.

Menaklukkan Ombak dan Indahnya Pantai Teluk Sepang

Bagi anda yang ingin melakukan olahraga selancar atau pecinta selancar, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Teluk Sepang yang memiliki ombak setinggi 3-4 meter ini. Kawasan ini tak hanya ramai kunjungan wisatawan lokal, tetapi juga pelancong asing yang tertantang untuk menaklukkan ombak Teluk Sepang.

Di Pantai Teluk Sepang ada banyak pemandangan indah yang dapat anda saksikan seperti pasir pantai, pohon dan tumbuhan unik serta besung yang menjulang. Keindahan alam pantai ini yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan lokal.

Air Terjun Curup, Tempat Wisata Indah dengan Alam Hijau

Tempat wisata di bengkulu yang paling indah berikutnya adalah Air Terjun Curup. Apabila anda tengah berada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk datang melihat keindahan air terjun ini. Dengan alam hijau di sekitarnya dan juga adanya danau, sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluarga.

Air Terjun Curup memiliki banyak keunikan yang dapat membuat anda sangat menikmati wisata alam dari Provinsi Bengkulu ini, di antaranya adalah ada beberapa air terjun, bukan hanya satu saja. Air dan pemandangan yang sangat menonjol di sekelilingnya. Selain itu air terjun ini juga memiliki batu batuan serta dangkal yang memuatnya dapat dijadikan tempat berendam bagi wisatawan.

Danau Lebong, Danau Bekas Galian Tambang Batubara Berair Biru Muda yang Jernih

Danau ini sebetulnya bekas galian tambang batubara. Namun sayangnya tak direklamasi. Danau Lebong pemandangannya sangat memukau. Airnya biru muda jernih dan terkadang akan berubah warna jadi kehijauan ketika terkena cahaya mentari.

Karena Jarak dari lokasi danau yaitu Taba Panunjang dari Bengkulu lumayan jauh, maka untuk mencapai obyek wisata yang satu ini kita perlu persiapan matang dan perjuangan keras. Akan tetapi ketika sampai di lokasi wisata, semua lelah akan hilang dibayar oleh pesona panorama Danau Lebong.

Danau Mas Harun Bastari, Tempat Wisata Favorit Keluarga

Letak danau yang satu ini dekat dengan Bukit Kaba. Apabila ditempuh dari pusat Kota Curup kita dapat menempuhnya dengan jarak kurang lebih 17 km. Danau Mas Harun Bastari merupakan salah satu obyek wisata keluarga favorit di Kota Bengkulu.

Wahana yang dapat dijumpai di sini antara lain adalah perahu dan sepeda air yang biasa digunakan untuk menjelajah danau. Anak-anak tentunya akan suka apabila diajak untuk berwisata ke tempat yang satu ini karena ada pula area bermain anak. Dengan permainan antara lain komidi putar dan kursi ayun.

Luas dari obyek wisata yang satu ini sekitar 36 hektar dengan bukit-bukit di sekitarnya banyak yang ditanami aneka sayur mayur yang segar. Alamat : Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong (tepi Jalan Raya Curup-Lubuk Linggau). (**)


No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).