Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair dalam Kolam Agar Cepat Panen - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Mujair dalam Kolam Agar Cepat Panen

Media kolam menjadi salah satu syarat wajib dalam budidaya ikan agar pengembangbiakannya dapat berhasil.

INPHEDIA.ID - Dewasa ini, sudah banyak orang yang memelihara bahkan mengembangbiakkan ikan mujair. Siapa yang tidak ingin jika membudidayakan ikan mujair cepat besar dan lekas panen. Namun, baik atau tidaknya dalam melakukan budidaya ini tergantung dari apa yang Anda lakukan sebagai langkah penerapannya.

Membuat dan Pemilihan Kolam Ikan Mujair

Media kolam menjadi salah satu syarat yang wajib anda wujudkan dalam budidaya ikan. Tidak harus yang serba besar dan mewah, karena pada dasarnya ikan hanya butuh tempat dan air. Tapi, untuk menunjang kesehatannya dibutuhkan air dan tempat yang cukup bersih.

Kolam yang di maksud lebih diutamakan sebagai tempat sang induk, yaitu berada di tanah dan mempunyai pasir pada bagian dasar dengan suhu air 20 sampai dengan 22 derajat celcius dan kedalamannya hingga 60 cm.

Buat Kolam Khusus Pendederan

Untuk pendederan perlu disediakan kolam khusus yang berfungsi sebagai salah satu tempat pemeliharaan sang bibit dari ikan mujair yang telah menjadi induk alias besar. Kolam yang dibuat tidak jauh berbeda dengan pemeliharaan ikan koi dalam beton. Dibutuhkan sebuah kolam dengan luas antara 50 hingga 100 m2. Mujair dengan panjang sekitar 3 sampai 5 cm akan di pelihara pada kolam pendederan kurang lebih 3 hingga 4 minggu.

Buat Kolam Khusus Pembesaran

Selain kolam khusus pendederan, anda juga diharuskan membuat kolam khusus pembesaran jika menginginkan hasil budidaya mujaer memuaskan. Kolam ini penting sekali sebagai proses perkembangbiakan sang mujaer agar cepat membesar. Jika mengacu pada kebiasaan pembudidaya, mereka tidak pernah membuat kolam pembesaran dengan bagus atau yang terbuat dari semen.

Buat Kolam Pemberokan

Mungkin ada yang bertanya apa itu kolam pemberokan? Kolam pemberokan merupakan kolam yang digunakan sebagai penampungan mujair hasil budidaya anda. Selain itu, kolam inilah yang akan berguna sebagai tempat panen ikan mujaer sebelum di pasarkan agar benar-benar bersih.

Siapkan Semua Peralatan

Untuk budidaya ikan mujair diperlukan beberapa alat yang nantinya anda butuhkan sebagai media budidaya dan panen mujair, berupa jala, hapa, pisau, pring secchi, timbangan, baskom maupun arit. Selain itu, peralatan seperti ayakan, keramba, kekaban dan baskom sangat dibutuhkan juga dalam memulai budidaya ataupun pada masa pemanenan.

Persiapan Media Budidaya Mujair

Seperti halnya proses budidaya dan panen ikan patin di kolam terpal, budidaya ikan mujair juga memerlukan persiapan media dengan langkah atau tahapan, seperti pemupukan dan juga pengeringan. Anda harus rutin dalam mengeringkan kolam ikan secara keseluruhan kurang lebih selama 3 atau sampai dengan 4 hari ketika ingin budidaya ikan mujair. Dalam langkah ini lakukan serta proses pengapuran apabila kolam benar-benar telah kering. Usai dengan proses pengapuran, anda bisa melanjutkan dengan melakukan pemupukan menggunakan pupuk urea. 


Pemilihan Indukan Mujair

Induk mujair carilah kualitas unggul agar bisa menghasilkan bibit-bibit bagus dengan kriteria mempunyai perkembangan serta pertumbuhan yang cukup bagus dan cepat, nafsu makan tinggi, pertahanan pada parasit cukup kuat, hama, maupun serangan penyakit serta empunyai berat minimal 100 gram.

Sistem Pembibitan Ikan Mujair

Dalam budidaya mujair tidak dengan sembarangan, karena ada langkah pembibitan yang benar dan wajib anda terapkan agar cepat besar. Adapun langkah-langkah pembibitan ikan mujair, yaitu:

1. Sistem satu kolam; Antara kolam pemijahan dan kolam pendederan menjadi satu.
2. Sistem dua kolam; Antara proses pemijahan dengan proses pendederan sendiri-sendiri.
3. Sistem Platform; Perawatan ikan mujair dengan menggunakan 4 kolam berbeda.

Proses Pemijahan Ikan Mujair

Dimaksud dengan pemijahan adalah proses dimana terjadinya pertemuan antara sel telur betina dan jantan hingga menetas. Seringlah mengontrol ketinggian air, minimal di bawah 50 cm.

Pemeliharaan Bibit Ikan Mujair


Proses pendederan yang dilakukan pada pemeliharaan bibit mujair hanya dipakai ketika telur-telur dari proses pemijahan telah berhasil menetas. Kolam pendederan yang bisa menampung bibit mujaer bisa di lakukan pemeliharaan. Akan tetapi pastikan juga bahwa kolam pendederan tersebut sudah kering, jangan lupa beri pupuk dan di pengapuran sesuai tahap serta ketentuan.

Pemberian Makan Ikan Mujair

Ikan mujair perlu makan setiap hari serta nutrisi yang sesuai dan cukup. Tujuan ini agar menjadikan induk sehat dan berkembang baik.

Pembesaran Bibit Ikan Mujair

Pembesaran ikan mujair bisa dilakukan dengan cara monokultur dan polikultur. Monokultur, cara ini menjadi prosedur pemeliharaan ikan mujair yang cukup baik. Caranya dengan melakukan pemisahan indukan jantan dan betina. Sedangkan Polikultur, mencampur ikan mujair dengan bibit ikan lainnya.

Melakukan Pemupukan Ulang pada Bibit Ikan Mujair

Khusus pemupukan media pembudidayaan akan lebih rutin anda lakukan selama budidaya mujair terus berjalan. Pemupukan ini pemberian nutrisi pada bibit agar tumbuh kembangnya bagus menjadi induk berkualitas.

Pemberian Pakan Pelet


Berikan pakan ikan mujair dengan pelet sesuaikan dengan dosis yang diperlukan oleh pakan di dalam air dengan berbagai syarat dan ketentuan yang telah ada. (AB/R-04)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).