Cara Mudah Daftar Google AdSense Melalui YouTube - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Cara Mudah Daftar Google AdSense Melalui YouTube





INPHEDIA.ID - Melihat banyaknya para Youtubers yang sudah berpenghasilan, Anda mungkin tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube. Tak hanya video yang bisa ditampilkan, tetapi dari video itu juga Anda dapat menghasilkan uang. Ketika video YouTube Anda mengakumulasi semakin banyak penayangan, Anda mungkin ingin membuat akun AdSense yang akan dikaitkan dengan akun YouTube kesayangan Anda. 

Peraturan baru monetisasi YouTube yang diumumkan mulai diterapkan pada 16 Januari 2018 diperketat. Pembaruan peraturan baru yang cukup ketat ini merupakan upaya Google untuk mendapatkan kembali kepercayaan pengiklan. Meski diperketat bukan tak mungkin Anda menjadi mitra penayangan iklan AdSense melalui YouTube.

Bagimana syarat dan ketentuan untuk mendapatkan monetisasi dari YouTube? Syaratnya adalah akun YouTube Anda pastikan sudah terverifikasi, sudah memiliki 4000 jam tonton/tayang, dan sudah ada 1000 Subscriber.

YouTube Anda Sudah Terverifikasi

Hal yang harus diperhatikan untuk pertama kali adalah Akun Channel YouTube harus telah terverifikasi dengan nomor ponsel dan sudah melakukan pengaturan sesuai standar Channel agar bisa mengaktifkan fitur-fitur di dalam Channel YouTube Anda.

YouTube Anda Sudah 4000 Jam Tonton

Syarat yang kedua adalah Channel anda sudah mengumpulkan jumlah tayang sebanyak 4.000 Jam tonton dari total video yang ada selama 12 bulan terakhir dan itu merupakan keharusan.

Syarat kedua ini tentu saja lebih mudah dicapai jika dibandingkan sebelumnya yang mengharuskan sebuah Channel Youtube mendapatkan 10.000 kali penayangan. Anda dapat mencapai syarat ini dengan cara organik atau dengan memanfaatkan Youtube Ads untuk lebih memudahkan penonton menemukan video Anda.

Kedua cara ini memang memiliki keunggulan masing-masing. Anda akan menghemat biaya dengan menggunakan cara organic, namun tentu cara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Jika menggunakan YouTube Ads, Anda akan dapat meraih syarat kedua ini dengan waktu singkat, namun dengan sedikit biaya yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

YouTube Anda Sudah 1000 Subscriber

Selanjutnya syarat yang ketiga ini termasuk syarat yang berat terutama bagi Channel baru, karena syarat ini sangat mengharuskan Channel yang ingin daftar adsense harus sudah memperoleh 1.000 subscriber.

Channel baru tentu saja akan sulit mengumpulkan subscriber kalau tidak ada video yang baik dan banyak penonton. Kasus yang banyak terjadi, sudah banyak viewers dalam video yang ada tetap saja subscriber tidak seimbang dengan jumlah tontonan. Karena untuk mengumpulkan subscriber, kita memang harus memenuhi hasrat penonton agar mereka setia dan ingin berlangganan dengan Channel kita.

Catatan yang sangat perlu Anda perhatikan adalah jangan menggunakan tools mengumpulkan Subscribers dan komentar spam. Kedua cara ini harus anda hindari. Sebab, akan berdampak kepada akun YouTube Anda. 

Jangan Menggunakan Tools Mengumpulkan Subscribers

Perlu menjadi perhatian, janganlah sekali-kali Anda berniat untuk mengumpulkan subscribe dengan tools, apalagi tools gratisan. Karena hal itu akan berbahaya bagi Channel anda. Kemudian, jangan juga memaksa orang lain subscribe ke Channel kita, karena jika isi Channel kita tidak sesuai harapan mereka nantinya juga akan hilang semua pelanggan.

Komentar Spam

Untuk meminta subscribe, Anda pun juga jangan memberikan komentar spam. Karena apabila pemilik Channel melaporkan komentar Anda bisa saja masuk spam atau di Flag, justru bisa berbahaya bagi Channel yang berakibat penangguhan atau suspend Channel.

Seperti diketahui, update terbaru YouTube pada Januari 2018 ini adalah syarat Channel bisa diaktifkan monetisasi YouTube-nya harus mengumpulkan 1.000 subscriber dan telah memperoleh sebanyak 4.000 Jam tonton dari total penayangan video dalam 12 terakhir.

Kebijakan monetisasi YouTube yang terbaru ini akan berlaku untuk Channel YouTube yang baru dibuat, bagi akun lama yang sudah diterima monetisasi-nya bersyukurlah meski belum memperoleh 1.000 subscriber.

CARA MENDAFTAR AKUN ADSENSE MELALUI YOUTUBE


Untuk mendaftar ke akun AdSense melalui YouTube, langkah awal pastikan akun YouTube Anda diaktifkan untuk monetisasi. Lalu, kirim permohonan Anda untuk membuat akun AdSense baru yang akan ditautkan dengan akun YouTube Anda.

Begitu permohonan Anda disetujui, anda akan melihat label "Akun host" di laman Beranda pada akun AdSense Anda. Google akan mengirim pembayaran pada bulan setelah saldo AdSense Anda melampaui $100, dengan asumsi akun AdSense Anda memiliki reputasi baik. Pelajari lebih lanjut kapan Anda akan dibayar.

Apabila Anda juga memiliki situs web non-host sendiri untuk menampilkan iklan, Anda perlu mengirimkan formulir permohonan satu kali untuk memberi tahu URL situs. Anda hanya perlu menyelesaikan langkah ini jika Anda ingin memonetisasi situs web sendiri. Anda tidak perlu mengambil tindakan lainnya untuk tetap memonetisasi video YouTube Anda.

Setelah permohonan yang hanya perlu diajukan satu kali disetujui, label "Akun host" akan dihapus dari laman Beranda di akun AdSense dan Anda akan memiliki akses untuk menghasilkan kode iklan AdSense yang dibutuhkan untuk memonetisasi situs web mitra non-host.

Hanya Satu Akun Gmail untuk Semua

Mendaftar Google AdSense melalui YouTube cukup satu akun Gmail saja untuk semua. Jadi, persoalan yang susah menjadi mudah karena hanya dengan 1 akun Gmail, kita sudah bisa mendaftar semua.

Itulah keistimewaan Google, kita tidak dibuat ribet untuk membuat email lagi sampai tahapan pembuatan akun Google AdSense. Karena semuanya milik Google, hanya perlu melalui tahapan proses dalam pendaftaran. Jadi harus di ingat betul email dan paswordnya kalau perlu dicatat dan disimpan.

Kenapa anda harus mendaftar Google AdSense melalui Youtube? Jawabnya, menurut mereka yang telah mengalaminya cara ini yang paling mudah diterima dibandingkan mendaftar akun Google AdSense melalui blogspot (blog), yang harus melalui tahap review posting. Jelasnya, kita harus mempersiapkan artikel atau blog yang sudah layak. (bukan versi beta).

Berikut langsung saja kita persiapkan tahap demi tahap cara mendaftar akun Google AdSense melalui YouTube.

Tahap 1
Mendaftar Email Google
Tahap bertama ini pastikan Anda sudah mempunyai akun Gmail. Karena ini syarat utamanya.

Tahap 2
Sign In (Masuk) ke YouTube

Silahkan masuk ke halaman Youtube (dengan Gmail Anda), upload video yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Usahakan video buatan Anda yang original untuk mempermudah proses dan jangan memakai background lagu yang melanggar hak cipta orang lain.

Tahap 3
Untuk pengaturan akun, lakukan verifikasi akun YouTube Anda terlebih dahulu, biasanya menggunakan nomor ponsel Anda. Selanjutnya lakukan proses sesuai dengan petunjuk:

1. Klik pada "Creator Studio", yang berada di gambar profil anda
2. Klik "Saluran – Status dan Fitur"
3. Dibagian "Monetasi", klik "Aktifkan".

Kemudian, Isi kolom Negara/Wilayah: Indonesia
Jenis Akun: Perseorangan

Setelah itu, Anda masukkan nama penerima pembayaran berikut dengan alamat lengkap. Pada bagian ini sangat penting, tulis alamat sesuai dengan indentitas Anda. Sesuaikan dengan alamat yang ada di KTP anda (cantumkan nomor rumah). Setelah selesai, klik Kirim Permohonan Saya.

Gunanya mengisi alamat sesuai KTP karena pihak dari Google akan mengirimkan PIN melalui surat pos (bukan email) ke rumah Anda jika saldo Anda nantinya sudah diambang batas untuk memverifikasi alamat Anda.

Jadi, harap diperhatikan dengan seksama mengenai hal ini. Karena banyak kasus membuat akun Google AdSense dengan alamat yang tidak jelas, membuat pengiriman PIN dari Google tertunda atau tidak sampai ke alamat yang dituju. Hal ini akan merugikan Anda sendiri di kemudian hari.

Demikian cara membuat akun Google Adsense melalui YouTube. Setelah proses selesai, Anda akan di minta memverifikasi akun Google AdSense Anda yang baru melalui nomor HP.

Setelah itu, tinggal menunggu persetujuan dari pihak Google AdSense. Biasanya lama waktu menunggu 1–7 hari atau mungkin bisa lebih, tergantung kebijakan dari Google AdSense. Tapi, pengalaman yang sudah-sudah, dalam waktu kurang dari 3 hari sudah langsung di approved (disetujui).

Untuk itu, rajin-rajin saja memeriksa email Anda untuk memastikan Google Adsense yang Anda ajukan melalui YouTube disetujui atau belum. Selamat berkreasi dan menjalaninya, semoga sukses. (INT.IN/*)
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).