Ini Harga Domain .id Terbatas Dua Sampai Empat Karakter - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Ini Harga Domain .id Terbatas Dua Sampai Empat Karakter

Untuk mendapatkan dan mendaftarkan domain .id atau yang disebut registrar, PANDI bekerja sama dengan lembaga lain yang ditunjuk.

INPHEDIA.ID - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menyediakan domain .id dengan harga yang beragam, mulai dari lima karakter hingga 63 karakter. Untuk domain terbatas 4 karakter ke bawah pendaftar bisa menghubungi PANDI atau registrar.

Setiap jumlah karakter nama domain .id terbatas memiliki harga yang berbeda. Perbedaan itu terletak pada harga perolehan di awal atau jumlah karakter yang didapat saat mencari nama domain dan pembayarannya.

Biaya yang diperlukan untuk mendaftarkan nama domain .id termahal sebanyak dua karakter dihargai Rp500 juta, domain .id tiga karakter Rp15 juta dan empat karakter memerlukan biaya sebesar Rp2 juta.

Walaupun masing-masing karakter tersebut memiliki perbedaan harga, akan tetapi biaya tahunan domain .id terbatas sama dengan domain lima sampai 63 karakter, yaitu Rp150 ribu per tahun per domain .id.

Untuk mendapatkan dan mendaftar domain .id atau yang disebut registrar, PANDI bekerja sama dengan lembaga lain yang ditunjuk. Registrar yang berasal dari lembaga/instansi pemerintahan, yakni Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Selain dengan lembaga/instansi pemerintah, PANDI juga telah bekerja sama dengan 18 lembaga non pemerintahan untuk menjadi registrar bagi yang ingin mendaftar dan memperoleh domain .id tersebut.

Ke-18 registar non pemerintah itu, masing-masing IDCloudhost, Domain Club, Reseller, DNET, Indoreg, QWords, Melsa, Belidomain, Radnet, Daftar Nama, CBN Registrar, Digital Registra, Merekmu, PC24, Registrindo, IndosatM2, Citraweb dan Bisa Online. (BS.IN/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).