Menikmati Keunikan Destinasi Wisata Danau Kakaban - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Menikmati Keunikan Destinasi Wisata Danau Kakaban

Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian, Pulau Kakaban satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya.

INPHEDIA.ID - Danau air tawar yang satu ini benar-benar unik dan hampir dikatakan tidak bisa ditemukan di kawasan lain di seluruh dunia. Namanya Danau Kakaban. Secara administratif, Danau Kakaban termasuk dalam wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Pulau Kakaban dalam bahasa daerah pulau yang "memeluk"'. Jadi, Pulau Kakaban artinya "sebuah pulau yang memeluk danau", termasuk di dalamnya flora dan faunanya yang penuh keunikan. Di dunia, tempat seperti ini hanya dijumpai di Danau Ubur-ubur Palau, Kepulauan Micronesia di kawasan Tenggara Laut Pasifik. Dengan demikian, Pulau Kakaban satu-satunya pulau di Indonesia yang mempunyai danau di tengahnya.

Di danau ini, kamu akan menemukan banyak sekali ubur-ubur yang tidak beracun. Ubur-ubur ini telah terjebak di sini selama ribuan tahun sehingga racunnya hilang,  dan kamu bisa mencebur dan berenang di dalam danau. Saat ini, Danau Kakaban yang terletak di Kepulauan Derawan mulai dijadikan destinasi andalan yang diklaim mampu mengungguli Raja Ampat di Papua.

Danau Kakaban seluas sekitar 5 km² berdinding karang terjal setinggi 50 meter ini adalah air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Danau Kakaban merupakan danau prasejarah di zaman peralihan Holosin yang dikarenakan air laut terperangkap tidak lagi bisa keluar hingga menjadi danau.

Pulau Kakaban memang salah satu surga kekayaan biologi yang ada di Indonesia. Misteri bagaimana hewan dan tumbuhan yang terisolasi dalam danau ini salah satu objek yang sangat diminati oleh ilmuwan untuk diungkap. Karena itu, laut ini memang pantas menjadi objek konsevasi alam yang harusnya dilindungi dan dilestarikan. (PSW.IND/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).