Satu dari Dua Pegunungan Paling Unik di Dunia Ada di Jawa Timur Indonesia - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Satu dari Dua Pegunungan Paling Unik di Dunia Ada di Jawa Timur Indonesia

Gunung Ijen memang sangat mempesona dengan segala keunikan kawah dan api birunya. Lokasinya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

INPHEDIA.ID - Beragam keindahan alam pegunungan ada di dunia ini. Beberapa di antaranya unik dan menakjubkan sehingga dikunjungi wisatawan. Dua di antara wisata pegunungan paling unik di dunia itu, yakni Gunung Ijen, Jawa Timur, Indonesia, dan Dallol (Volcano), Ethiopia.

Gunung Ijen memang sangat mempesona dengan segala keunikan kawah dan api birunya. Lokasinya di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.



Di Gunung Ijen, kamu bisa melihat fenomena api biru setiap hari sekitar pukul 02.00 hingga 04.00 dini hari. Selain itu, danau kawah Ijen dikenal sebagai danau air asam terbesar di dunia, dengan luas kawah mencapai 5.466 hektare. Kalau kamu belum bisa ke luar negeri, setidaknya kamu harus mencoba menikmati sensasi api biru di Gunung Ijen.

Tapi, kalau masih penasaran, di Ethiopia ada satu gunung unik namun menakjubkan bernama Dallol (Volcano) yang terkenal dengan warna-warna cerah yang muncul di sekitar pegunungan  tersebut yang berasal dari belerang, besi, garam dan zat mineral lainnya yang terhampar seluas mata memandang.

Sekilas pandang Dallol tampak seperti danau dengan air hijau yang cantik. Selain itu pemandangan di sekitarnya memang sangat mengagumkan, dengan batu-batu serupa karang berwarna kuning dan oranye cerah. Warna hijau terang dan kuning menyala di kolam-kolam asam itu disebabkan karena kandungan sulfur, besi, dan mineral yang tinggi. 

Dallol sebuah tempat paling terpencil di Bumi yang berada di utara Ethiopia. Tempat ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat paling panas di dunia dengan suhu hingga 94 derajat Fahrenheit. Karenanya, Dallol bukanlah tujuan wisata yang cukup populer. Namun, meskipun demikian keunikan gunung ini justru menarik minat wisatawan untuk melihat secara langsung penomena yang ada di sekitar gunung tersebut. (PSW.IND/**)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).