Suzuki Wagon R Listrik Mulai Mengaspal 2020 - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Suzuki Wagon R Listrik Mulai Mengaspal 2020

Suzuki Wagon R versi listrik atau Wagon R EV
Maruti Suzuki mengembangkan Suzuki Wagon R listrik menggunakan prototipe berdasarkan JDM-spec. Pengembangan ini dengan membuat 50 prototipe, dengan port pengisian AC di bagian depan dan port pengisian DC di bagian belakang.

INPHEDIA.ID - Mobil mungil yang dikenal bernama Karimun Wagon di Indonesia ini akan diproduksi secara komersial di India. Manufaktur otomotif terbesar India, Maruti Suzuki, tengah mengevaluasi peluncuran Suzuki Wagon R versi listrik atau Wagon R EV pada 2020.

Meski saat ini industri otomotif masih berkutat dengan harga mobil listrik yang mahal dan keterbatasan fasilitas pengisian daya, Suzuki Wagon R versi listrik ini sedang diuji coba untuk disiap tahun depan. Maruti Suzuki sedang menguji 50 unit Wagon R listrik. Pengujian kendaraan sudah dimulai pada Oktober 2018 lalu.

Maruti Suzuki mengembangkan Suzuki Wagon R listrik menggunakan prototipe berdasarkan JDM-spec. Pengembangan ini dengan membuat 50 prototipe, dengan port pengisian AC di bagian depan dan port pengisian DC di bagian belakang.

Pihak perusahaan menyatakan akan memproduksi dan menjual mobil tersebut bergantung pada keinginan pelanggan untuk membeli kendaraan mengingat keterbatasan biaya dan ruang pengisian.

Suzuki Wagon R versi listrik diklaim bisa menempuh 200 kilometer untuk sekali pengisian daya. Wagon R versi listrik memiliki dua steker untuk pengisian daya, untuk arus listrik AC berada di depan dan socket untuk arus DC berada di belakang.

Pengisian cepat yang menggunakan arus listrik direct current (DC) memungkinkan baterai mobil itu terisi daya 80 persen, selama satu jam pengisian. Sedangkan, pengisian daya menggunakan arus bolak-balik atau alternating current (AC) memerlukan tujuh jam untuk pengisian hingga baterai penuh.

Jarak tempuh sejauh itu dibutuhkan untuk menyiasati masih kurangnya infrastruktur pengisian daya di India. Kendati demikian, pihak Maruti Suzuki belum secara khusus mengumumkan spesifikasi mobil dan baterai yang akan dipakai untuk Wagon R.

Pada saat peluncurannya, Suzuki Wagon R listrik atau Wagon R EV dijual dengan rentang harga Rp137,6 juta sampai dengan Rp196,9 jutaan. (NW.IND/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).