Begini Cara Mengenali Ponsel Ilegal Sekaligus Mengecek Keasliannya - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Begini Cara Mengenali Ponsel Ilegal Sekaligus Mengecek Keasliannya

Agar terhindar dari pembelian ponsel yang ilegal dan ponselmu bakalan terblokir tidak bisa digunakan nantinya, untuk mengantisipasi ada baiknya kamu ketahui ciri-ciri ponsel ilegal sekaligus cara mengecek keasliannya.

INPHEDIA.ID - Jika ingin membeli ponsel hati-hati dengan yang ilegal. Kamu perlu tahu dan musti bisa membedakan mana ponsel merek asli dengan yang aspal alias asli tapi palsu.

Agar terhindar dari pembelian ponsel yang ilegal dan ponselmu bakalan terblokir tidak bisa digunakan nantinya, untuk mengantisipasi ada baiknya kamu ketahui ciri-ciri ponsel ilegal sekaligus cara mengecek keasliannya, terutama buat kamu yang berencana beli ponsel.

1. Tidak Bergaransi Resmi

Walaupun ponsel ilegal memiliki merek yang sama dengan yang beredar di pasaran, namun biasanya ponsel jenis ini mayoritas tidak memiliki garansi resmi. Istilahnya, barang ilegal itu jual putus atau kalau rusak tidak bisa diservis di gerai resminya. Meski tidak semua ponsel tanpa garansi resmi itu ilegal, akan lebih aman jika memilih ponsel dengan garansi resmi agar ada jaminannya.

2. Tidak Memiliki Nomor IMEI



Pembeda lainnya, ponsel ilegal biasanya tidak memiliki nomor IMEI yang tertera di kemasan ataupun di bagian belakang ponsel. Jika ada pun, nomornya kadang tidak sesuai ketika dicocokkan. Nomor IMEI merupakan kode ponsel yang bisa digunakan secara internasional.

Nomor IMEI selain untuk keperluan dagang juga digunakan untuk mengetahui tipe ponsel dan juga keamanan yang dipakai. Kalau ponselmu dicuri misalnya, pengguna bisa melaporkan kode IMEI ke operator seluler hingga nomor bisa diblokir dan pencuri tidak bisa memakai ponsel itu.

3. Dijual Tanpa Toko Fisik dan Identitas Penjual Meragukan

Ponsel ilegal biasa dijual secara daring tanpa ada toko fisik yang bisa didatangi, penjual ponsel tanpa identitas yang jelas maupun alamat yang meragukan. Transaksi yang dilakukan cukup berdasarkan asas saling percaya saja.

Nah, agar terhindar dari ponsel ilegal, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek status ponselmu.

Langkah pengecekannya, tekan *#06# dan layar ponselmu, maka secara otomatis akan menampilkan nomor IMEI. Setelah nomor IMEI muncul, catat dan periksa di situs http://kemenperin.go.id/imei/.

Setelah memasukan nomor IMEI, ketik simpan. Tunggu hingga muncul keterangan ponsel yang memperlihatkan nama perusahaan, merek dan model. Jika keterangannya muncul berarti kamu sedang menggunakan ponsel resmi dan bukan ilegal. Namun, apabila keterangannya tidak muncul berarti ponsel tersebut meragukan. (SBB.IND/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).