Google Umumkan Android 10, Generasi Penerus Sistem Operasi Ponselnya - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Google Umumkan Android 10, Generasi Penerus Sistem Operasi Ponselnya



INPHEDIA.ID - Google mengumumkan nama resmi generasi penerus sistem operasi ponselnya, yakni Android 10. Ini merupakan pertama kalinya Google tidak menggunakan nama sesuai urutan alfabet.

Bila merunut pada penamaan Android, Google seharusnya menggunakan nama makanan penutup berawalan alfabet Q. Mulai dari Android, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marhsmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Juru bicara Google mengungkapkan alasan di balik perubahan penamaan Android. "Rasanya seperti waktu yang tepat untuk melakukan perubahan ini," katanya, seperti melansir CNN Indonesia, Jumat (23/8).

Perubahan penamaan Andorid ini disebut-sebut karena Google sulit menemukan nama makanan pembuka berawalan huruf Q. Dalam blog resminya, Google mengakui jika penamaan sistem operasi terbarunya ini agar tidak menyulitkan dan bisa dipahami orang dari negara-negara tertentu.

"Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop keras, itu tidak jelas secara intuitif bahwa merujuk ke versi setelah KitKat," tulis  Sameer Samat, wakil manajemen produk Android.

Google mengklaim jika penamaan sistem operasi yang jelas dan dapat dihubungkan dengan semua orang di dunia sangat penting. Terlebih saat ini Android digunakan secara aktif oleh lebih dari 2,5 miliar perangkat.

"Seiring kami terus membangun Android untuk semua orang di komunitas, merek kami harus inklusif dan dapat diakses mungkin - dan kami pikir kami bisa melakukan yang lebih baik dalam beberapa cara," tulis Google.

Selain menggunakan nama baru, Google juga menampilkan logo Android yang terlihat lebih modern. Robot Android yang semula berwarna hijau kini hanya tampak bagian kepalanya saja. Sementara tulisan Android yang awalnya berwarna hijau kini berubah menjadi hitam dengan dalih agar lebih mudah dilihat. (NW.IND/*)
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).