Sebenarnya Menulis Itu Tidak Sulit dan Siapa Saja Bisa Melakukannya - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Sebenarnya Menulis Itu Tidak Sulit dan Siapa Saja Bisa Melakukannya

Jika Anda belum terbiasa menulis ataupun kurang mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat dan paragraf, dari sekarang biasakan membuat suatu tulisan. Perbanyak untuk mempelajari, memahami, membaca, melihat, mendengar dan menulis.

INPHEDIA.ID - Walaupun sebenarnya menulis bagian dari kehidupan Anda, ternyata masih banyak orang menganggap menulis itu sulit. Tidak gampang melakukannya. Bahkan, ada yang beranggapan untuk menjadi seorang penulis itu harus pintar, berwawasan luas serta masih banyak lagi alasannya. Hal ini antara lain dikarenakan kurangnya penguasaan bahasa, dan yang paling krusial karena tidak terlatih.  

Saat Anda mengatakan tidak bisa menulis dan hanya diam saja tanpa berbuat sesuatu, selamanya Anda tidak akan pernah mampu melakukannya. Sebetulnya itu kendala. Tapi bukan berarti penghambat. Anda jangan terlena dengan keadaan. Keadaan tak akan dapat berubah kalau bukan Anda sendiri yang merubahnya. Berubah untuk kebaikan itu sangat didambakan bagi semua orang.

Rileks, pikirkanlah dengan mendalam, temukan jawaban di titik paling mendasar di dalam benak dan pikiran mengapa Anda belum mampu menulis. Atau, dapat menulis tetapi merasa masih kurang sempurna. Ada beberapa kemungkinan yang jawabannya Anda sendiri tahu. Jangan hanya direnungkan. Coba benar-benar temukan jawaban.

Jika Anda belum terbiasa menulis ataupun kurang mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat dan paragraf, dari sekarang biasakan membuat suatu tulisan. Perbanyak untuk mempelajari, memahami, membaca, melihat, mendengar dan menulis. Bila Anda merasa tidak banyak waktu untuk menulis, coba cari waktu yang tepat. Kalau Anda merasa tidak konsentrasi, luangkan kesempatan fokus menulis.

Dengan mencari kelemahan didalam diri sendiri, berarti Anda telah membuka pemikiran sampai sejauh mana kemampuan itu. Sebenarnya, disitu sisi lemahnya dan hal tersebut perlu menjadi perhatian. Tapi walaupun demikian Anda tak perlu berputus asa. Kuncinya, Anda hanya lebih perbanyak latihan menulis. Iya, harus banyak berlatih. Dengan ketekunan, melatih diri, Anda akan mampu menulis. Kalau Anda menyadarinya dan berusaha untuk berhasil, jalan terbuka bagi niat Anda untuk berkarya.

Menulis itu sebetulnya ekspresi jiwa, ungkapan perasaan dan pikiran yang tertuang ke dalam bentuk tulisan. Jika benar-benar ditekuni akan menyenangkan dan dapat menghasilkan uang. Hingga saat ini, ada banyak nama-nama penulis dengan berbagai kisah suksesnya. Karya-karya mereka dibaca banyak orang, abadi serta dikenang sepanjang masa.

Dengan menulis, berarti Anda sudah melakukan yang terbaik, bernilai dan berguna bagi Anda sendiri maupun orang lain. Untuk mencapai level penulis kreatif diperlukan kesabaran, ritme waktu, dan yang terpenting harus yakin pasti bisa. Anda musti berusaha melakukannya. Usaha nyata menentukan keberhasilan. Komitmen pada diri sendiri, hal utama dalam menghasilkan karya tulis yang bermutu.

Banyak penulis yang mencapai puncak kesuksesannya dengan usaha. Bahkan, tak jarang usahanya dilakukan dengan beberapa kali perbaikan dan penyempurnaan. Tanpa itu tidak mungkin ada tulisan sempurna yang dihasilkan. Mereka berusaha untuk tetap bisa berkarya, meski kenyataannya waktu yang tersita dan dikorbankan. Itu semua demi hasil yang hendak diraih. Mereka melewati semuanya dengan sabar, tekun serta sukses sebagai seorang penulis.

Sebagai pemula atau memang pernah mencoba untuk menulis namun belum pernah dipublikasikan, baik dimuat di media massa maupun diterbitkan oleh penerbit, dengan menulis Anda jangan pikirkan uang dan popularitas lebih dulu. Meskipun tidak dapat dipungkiri walau sebenarnya materi tujuan klimaks-nya. Akan tetapi uang bisa dicari. Jadikan menulis sebagai pemuas bathin. Yakinlah kalau uang, polularitas dan kepuasan bathin akan diperoleh secara bersamaan apabila Anda betul-betul menjiwai menulis. Apa yang diharapkan akan mengalir seiring kepuasan bathin Anda.

Di lingkungan Anda, ada bermacam-macam jenis buku yang ditulis dan diterbitkan oleh penerbit. Judul dan jenisnya hingga bentuk dan ukurannya juga beraneka ragam. Selain menulis buku, orang menulis untuk media massa, baik elektronik maupun cetak serta berbagai keperluan, seperti membuat makalah, laporan, naskah pidato dan lain sebagainya. Itu artinya, kemampuan menulis memberi manfaat.    

Jika menulis bermanfaat bagi Anda dan dapat menghasilkan uang, untuk apa menunda-nunda lagi. Jangan tunda peluang yang ada. Itu kesempatan. Kadang kesempatan tak datang berulang-ulang. Buka pikiran Anda lebar-lebar dengan harapan yang besar. Dari sekarang, Anda mesti berbuat dan membuktikannya kalau melalui menulis, Anda juga bisa mendulang uang. Dengan bernilai jual, Anda akan meraih penghasilan dari karya tulis tersebut. (Akhmad Sadad/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).