Cara Hindari Handphone Panas Hingga Menyebabkan Cepat Rusak - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Cara Hindari Handphone Panas Hingga Menyebabkan Cepat Rusak



INPHEDIA.ID - Guna mencegah handphone (HP) cepat panas hingga dapat mempercepat kerusakan pada alat komunikasi kamu itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

1. Berhenti Meng-charge

Jika ternyata HP kamu panas hentikan dulu mengecasnya. Karena kalau dipaksakan bisa saja berdampak pada kerusakan maupun hal lainnya yang tidak kita inginkan. Charge kembali jika HP kamu sudah dingin.

2. Hindari Charge HP Semalaman

Banyak dari kita yang selalu meng-charge HP semalaman saat kita tidur. Namun, ini dapat membawa pengaruh buruk untuk HP kita. Tak hanya mengurangi efisiensi baterai, namun juga dapat membuat mesin HP menjadi overheat atau terlalu panas. Bahkan, ada beberapa kasus HP meledak karena cas terlalu lama.

3. Lepaskan Casing HP

Casing HP memang kita gunakan untuk membuat tampilan smartphone kita lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Tapi rupanya, casing HP bisa menjadi faktor yang menyebabkan smartphone kamu menjadi panas.

Pasalnya, casing HP dapat menghalangi panas yang keluar dari mesin smartphone. Ketika handphone panas, coba lepaskan casing HP dan biarkan hingga dingin terlebih dulu.

4. Jangan Cas HP di Kasur atau Sofa

Jangan cas HP kamu di kasur, sofa, atau apapun yang memiliki permukaan lembut. Sebab, kasur dan sofa dapat menyerap panas. Panas yang keluar dari mesin HP dapat terperangkap dan membuat smartphone kamu menjadi sangat panas. Lebih baik cas HP di tempat yang permukaannya keras, seperti meja atau lantai.

5. Hindari Sinar Matahari

Hindari kontak HP dengan sinar matahari langsung, terutama bagi kamu pemilik HP yang terbuat dari bahan plastik. Dengan terpapar sinar matahari, HP akan menjadi semakin cepat panas. Ini karena HP yang mengeluarkan panas dari dalam mesin, juga terpapar panas dari luar.

6. Mematikan Aplikasi yang Tak Perlu

Ada beberapa aplikasi yang membuat prosesor HP terus bekerja tanpa henti. Prosesor yang terus bekerja akan membuat HP menjadi lebih panas. Aplikasi seperti ini biasanya bekerja di background atau belakang layar. Selain membuat panas, aplikasi ini dapat menyedot energi baterai sehingga HP lebih cepat mati.

7. Hindari Penggunaan Charger dan Baterai yang Tidak Resmi

Beberapa dari kita mungkin terpaksa menggunakan charger atau baterai yang tidak resmi karena harganya yang lebih murah. Namun, hal ini dapat berdampak buruk pada HP.

HP yang menggunakan charger dan baterai tidak resmi, bisa menjadi lebih panas. Hal ini karena charger dan baterai tidak resmi tersebut memiliki daya listrik yang berbeda dengan HP. Jadi, jika harus menggunakan charger atau baterai tidak resmi, pastikan memiliki daya listrik yang sama dengan HP kamu. (INT.IND/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).