Ini Dia 5 Destinasi Prioritas dari 10 Bali Baru di Indonesia - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Ini Dia 5 Destinasi Prioritas dari 10 Bali Baru di Indonesia

Wisatawan mancanegara (Wisman) mengunjungi Candi Borobudur

INPHEDIA.ID - Pemerintah menetapkan kawasan 10 Bali Baru di Indonesia, dan yang lebih ditangani prioritas saat ini ada lima dulu, yakni Danau Toba, Manado, Labuan Bajo, Mandalika, dan Kawasan Borobudur, sedangkan destinasi lain mengikuti.

Sejalan dengan selesainya pengembangan bandara dan lainnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pengembangan destinasi wisata prioritas itu selesai pada 2020.

Dengan melibatkan Kementerian Pariwisata dan Kementerian lain yang terlibat di dalamnya, pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mendukung kemajuan pariwisata, terutama di kawasan yang kini telah ditetapkan menjadi "teen new Bali" atau kawasan 10 Bali Baru tersebut.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengistilahkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah sebagai 10 Bali Baru merupakan makna kiasan dan lebih untuk memberi tekanan agar "performance" masing-masing daerah itu bisa menyamai Bali yang setahun bisa mendatangkan empat juta wisatawan mancanegara.

Sepuluh destinasi pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah sejak 2016 ini adalah Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara) dan Morotai (Maluku Utara).

Selama ini, Bali ikon pariwisata Indonesia karena fakta yang tidak terbantahkan karena sekitar 40 persen wisatawan mancanegara masuk Indonesia melalui gerbang pintu Pulau Dewata. Oleh karena itu, Menpar Arief Yahya menggunakan ikon Bali untuk menyebut 10 destinasi prioritas itu dengan istilah "10 Bali Baru".

Terlebih, Bali destinasi yang sudah punya pamor di peta pariwisata dunia. Meskipun demikian, 10 destinasi pariwisata itu tidak akan dibuat mirip seperti Bali karena masing-masing daerah memiliki karakteristik. Tapi, justru dengan keberagaman itulah membuat Nusantara ini kaya atraksi, kaya budaya, kaya tradisi dan tiap daerah dieksplorasi keunikannya. (SBB.IND/*)


Tonton juga video berikut:

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).