Destinasi Wisata Tepuy Roraima, Gunung Puncak Datar di Amerika Selatan - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Destinasi Wisata Tepuy Roraima, Gunung Puncak Datar di Amerika Selatan



INPHEDIA.ID - Amerika Selatan memiliki gunung unik bernama Gunung Roraima. Gunung yang disebut Tepuy Roraima (Spanish) yang juga sering dijuluki banyak peneliti dengan “Pulau Misterius di Langit” ini sangat cocok buat kamu yang menyukai wisata petualangan.

Gunung Roraima berada di antara perbatasan negara Venezuela, Brasil, dan Guyana, yang sebagian besarnya masuk dalam teritorial Venezuela sekitar 85 persen, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Canaima. Pada semua sisinya dibatasi tebing tegak setinggi 400 meter.

Gunung unik yang semua sisinya dibatasi tebing tegak dan memiliki permukaan datar seperti meja di daerah tertinggi di jajaran Pakaraima dataran tinggi Tepui, Amerika Selatan ini, di puncaknya terdapat banyak spesies hewan maupun tumbuhan yang jarang bahkan tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Gunung Roraima kali pertama ditemukan oleh pria kebangsaan Inggris bernama Sir Walter Raleigh pada tahun 1596. Tapi, saat itu ia masih bisa menemukan jalur yang dapat ditapakinya untuk mencapai puncak Roraima.

Tahun demi tahun berlalu dan belum ada satu orang pun yang pernah berdiri di atas gunung ini. Hingga akhirnya di 1884, Everard Thurn, seorang penjelajah dan ahli botani dari Inggris, menjadi orang pertama yang dapat menginjakkan kaki di puncak Gunung Roraima.

Sampai saat ini, jalur yang ditemukan Everard Thurn merupakan satu-satunya jalur yang digunakan untuk mendaki Roraima. Walaupun memang, beberapa jasa wisata di sana sudah menyediakan paket praktis bagi wisatawan menggunakan helikopter untuk menuju ke lokasi.

Titik tertinggi gunung ini disebut Maverick Rock, yaitu sebuah bukit batu yang terletak di bagian barat daya puncak Gunung Roraima. Ya, di atas puncak ada puncak! Lagi-lagi paradox. Ketinggian totalnya mencapai 2.810 meter atau 9.220 kaki, dan menjadi dataran tertinggi di tanah Venezuela.

Uniknya lagi, hujan di Gunung Roraima hampir terjadi setiap hari, membasahi permukaan puncak gunung ini yang berupa bebatuan pasir, bahkan ada pasir merah muda di beberapa sisinya. Berminat berwisata petualangan ke Gunung Roraima? Siapkan dirimu! (PSW.IND/*)
loading...

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).