Grand Canyon, Ngarai Besar yang Mempesona di Benua Amerika - inphedia.id

Header Ads

TOPIK

Grand Canyon, Ngarai Besar yang Mempesona di Benua Amerika



INPHEDIA.ID - Grand Canyon (Ngarai Besar) sebuah ngarai tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado di utara Arizona, Amerika Serikat, salah satu dari Sepuluh Keajaiban Dunia di Benua Amerika, dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Negara "Paman Sam" tersebut.

Ngarai indah yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Amerika Serikat ini diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 kilometer, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 kilometer dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 meter.

Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.

Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an.

Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di ngarai sebagai "daun dalam buku cerita agung". Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh penduduk asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai tersebut.

Presiden Theodore Roosevelt waktu itu, salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa ini. (PSW.IND/*)

No comments

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).