Ini Dia Manfaat Sayur Kangkung Untuk Kesehatan

 

Di habitat aslinya, kangkung dapat tumbuh subur di rawa-rawa dan sungai. Namun, saat ini kangkung sudah banyak dibudidayakan di darat dengan berbagai macam cara penanaman.




INPHEDIA.ID - Jenis sayuran hijau yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain mudah diolah menjadi aneka ragam masakan, seperti hanya direbus, ditumis dan lainnya, ternyata sayur kangkung memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Kangkung merupakan tanaman tahunan akuatik atau semi akuatik herba yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Di habitat aslinya, kangkung dapat tumbuh subur di rawa-rawa dan sungai. Namun, saat ini kangkung sudah banyak dibudidayakan di darat dengan berbagai macam cara penanaman.

Kangkung umumnya terdapat dua varietas, yakni ‘Ching Quat’ yang memiliki batang hijau, daun sempit dan bunga putih dan ‘Pak Quat’ yang memiliki daun berbentuk panah dan bunga berwarna merah muda.

Dalam dunia kesehatann, kangkung adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, kulit dan otak. Sayur kangkung mengandung banyak air, zat besi, vitamin C, vitamin A dan nutrisi lainnya. Berikut beberapa manfaat sayur kangkung yang wajib Anda ketahui.

1. Obati Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Manfaat sayur kangkung mampu mengobati gangguan pencernaan dan sembelit. Kangkung kaya akan serat dan karenanya ia mampu melancarkan pencernaan, memberikan kelegaan bagi tubuh dari berbagai gangguan pencernaan secara alami.

Sifat pencahar ringannya juga bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit. Jus kangkung bisa meredakan sembelit. Sayuran ini juga digunakan dalam pengobatan infestasi cacing usus. Kangkung mengandung lateks yang digunakan sebagai agen pencahar.

2. Obati Anemia

Sayur kangkung mampu membantu mengobati anemia. Kaya zat besi, daun kangkung muda sangat bermanfaat bagi penderita anemia serta ibu hamil yang membutuhkan zat besi dalam makanannya. Zat besi merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama oleh sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

3. Jaga Kesehatan Mata

Sayur kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kangkung memiliki kandungan karotenoid, vitamin A dan lutein yang tinggi. Nutrisi ini penting untuk kesehatan mata. Kangkung juga meningkatkan kadar glutathione, yang berperan penting dalam mencegah katarak.

4. Kurangi Kolesterol

Sayur kangkung mampu membantu mengurangi kolesterol. Sayur kangkung adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa konsumsi kangkung telah menurunkan kadar kolesterol serta triglikosida. Dengan demikian, sayuran ini memiliki peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol.

5. Obati Penyakit Kuning dan Masalah Hati

Sayur kangkung membantu mengobati penyakit kuning dan masalah hati. Kangkung telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk mengobati penyakit kuning dan masalah hati.

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tumbuhan ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati akibat bahan kimia karena modulasi enzim detoksifikasinya; sifat antioksidan dan pemulung radikal bebas.

6. Lindungi Tubuh dari Penyakit Jantung

Sayur kangkung membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung.  Kangkung memiliki nutrisi penting tertentu seperti vitamin A dan C serta konsentrasi beta-karoten yang tinggi.

Nutrisi ini bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh, sehingga mencegah kolesterol teroksidasi. Kolesterol teroksidasi menempel pada dinding pembuluh darah, menyebabkan penyumbatan arteri, serangan jantung atau stroke.

Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung membantu mengubah zat kimia berbahaya yang disebut homosistein, yang dalam kadar tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium adalah mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung juga. (KNG/IND/*)

 

loading...
Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

loading...
Back to Top