-->

Mengenal Google Analytics Versi Baru yang Lebih Cerdas

 

Versi baru tersebut dibuat dengan machine learning sebagai inti penggeraknya, sehingga bisa otomatis memperoleh analisis dari data Anda yang dapat digunakan untuk menyempurnakan pemasaran Anda.



INPHEDIA.ID - Google telah memperkenalkan Google Analytics versi baru yang lebih cerdas. Versi baru ini dibuat untuk memberikan analisis penting tentang pelanggan yang Anda butuhkan untuk menghadapi tantangan apa pun yang akan datang.
 
Analisis ini membantu suatu bisnis Anda dan memaksimalkan sumber daya dan mengoptimalkan upaya pemasaran. Iya, analytics generasi berikutnya dari Google ini akan membawa analisis digital Anda ke tingkatan baru. 

Versi baru tersebut dibuat dengan machine learning sebagai inti penggeraknya, sehingga bisa otomatis memperoleh analisis dari data Anda yang dapat digunakan untuk menyempurnakan pemasaran Anda.
Selain itu, versi baru ini memberikan pemahaman lebih mendalam tentang keseluruhan siklus proses pelanggan, dari akuisisi hingga retensi, dengan menggabungkan data di seluruh aplikasi dan web.
 
Ke depannya, versi baru ini akan berfungsi dengan atau tanpa cookie atau ID sehingga Anda dapat mempelajari pelanggan meski data Anda tidak lengkap.
 
Bagi Anda yang sudah mendaftar di Google Analytics, kini saatnya membangun fondasi digital yang dibutuhkan bisnis Anda untuk masa depan. Bagi yang belum mendaftar segera daftar dan bersiap nikmati segala kelebihan dari Google Analytics terbaru ini.

Cara memulai Google Analytics baru

Google Analytics 4 (sebelumnya dikenal sebagai “Aplikasi + Web) adalah jenis properti baru, dengan laporan yang berbeda dari yang biasa Anda lihat di properti Universal Analytics.  Salah satu kelebihan dari properti Google Analytics 4 adalah Anda dapat menggunakannya untuk situs, aplikasi, atau situs dan aplikasi secara bersamaan.

Untuk mencoba Google Analytics baru, siapkan situs dan/atau aplikasi di properti Google Analytics 4. Ada tiga cara untuk melakukan ini. (Anda memerlukan izin Edit di akun Google Analytics.).

Langkah pertama, siapkan situs baru di properti Google Analytics 4. Lakukan hal ini jika Anda sudah siap untuk menggunakan pelaporan Google Analytics 4. 

Kedua, siapkan situs baru baik di Universal Analytics maupun Google Analytics 4. Opsi ini menyiapkan properti Google Analytics 4 paralel yang akan mengumpulkan data bersama properti Universal Analytics Anda. 

Ini juga membuat koneksi di antara kedua properti yang memungkinkan Anda memigrasikan setelan konfigurasi dari properti Universal Analytics ke properti Google Analytics 4 nantinya.

Ketiga, tambahkan properti Google Analytics 4 ke situs yang telah memiliki Analytics.  Saat Anda mengklik Asisten Penyiapan GA4, Anda membuat properti Google Analytics 4 yang mengumpulkan data bersama dengan properti Universal Analytics yang ada. 

Properti Universal Analytics Anda tetap tidak berubah dan terus mengumpulkan data -- Anda selalu dapat mengaksesnya melalui pemilih properti atau layar Admin. 

Jika masih belum jelas dan membutuhkan panduan yang lebih lengkap mengenai Google Analytics baru ini, Anda bisa menemukan langkah demi langkahnya di Support Google. Salam sukses! (IN/R1/GE)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

TOPIK

Back to Top