Home » Aplikasi » 5 Cara Mengatasi Anak Pemberontak dengan Cara Edukasi di Sekolah

5 Cara Mengatasi Anak Pemberontak dengan Cara Edukasi di Sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki anak yang bandel dan membuat guru gugup. Karena watak dan perilakunya terkadang membuat lingkungan sekolah tidak sesuai dan mengganggu proses belajar-mengajar. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor yang justru membuat anak-anak menentang di sekolah? Berikut penjelasannya.

Kenakalan seorang anak dapat dipengaruhi oleh gen keturunan dan lingkungan di sekitarnya. Terkadang anak berperilaku buruk hanya karena mendapat perhatian orang tua karena kurangnya perhatian orang tua. Kenakalan anak juga sering diakibatkan oleh keinginan orang tua untuk mengalihkan perhatian anaknya karena masalah keluarga dan menimbulkan masalah di dalam dan di sekitar sekolah. Dan terakhir, menjadi korban bullying dapat membuat anak Anda berpikir untuk membalas dan membuat orang lain melakukan hal yang sama.

Padahal, orang tua dan guru masih bisa mengoreksi kesalahan anak dengan cara yang baik tanpa menggunakan kekerasan. Di sekolah juga, guru berperan penting dalam membimbing anak-anak nakal untuk mengatasi dan menjadi orang yang lebih baik. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan guru untuk menghadapi anak nakal di sekolah tanpa menggunakan kekerasan.

Menjangkau siswa dengan masalah tampaknya menjadi cara yang cukup efektif untuk menangani siswa dengan masalah. Pelan-pelan dan perlahan-lahan buka pikiran Anda sampai anak Anda merasa nyaman dan akan memberi tahu Anda apa yang dialami anak Anda di sekolah atau di rumah yang menjadi penyebab perilaku buruk tersebut.

  • Jadilah pendengar yang baik

Banyak anak meremehkan diri mereka sendiri dan berpikir bahwa orang tampaknya tidak peduli dengan masalah mereka. Disinilah peran guru sangat dibutuhkan. Sama halnya dengan pendekatan, guru harus mampu mendengarkan siswanya, terutama yang bermasalah dan sering menimbulkan masalah. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik ketika seseorang bersedia untuk mengeluh.

Simak :  10 Aplikasi Perekam Layar PC Ringan [Tanpa Watermark]

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan saat menghadapi anak nakal adalah dengan memberikan tanggung jawab kecil agar mereka tidak merasa diabaikan dengan membuat mereka merasa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan berperan penting.

  • Buat pembelajaran kreatif

Banyak siswa yang nakal di kelas/sekolah karena pembelajaran yang membosankan dan membosankan mungkin tidak memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan suasana belajar mengajar yang menarik agar siswa tidak bosan.

  • koordinasi dengan orang tua

Koordinasi dengan orang tua juga sangat diperlukan agar mereka tahu apa yang dilakukan anaknya selama di sekolah. Dan jangan lupa untuk mengomunikasikan pencapaian, bahkan pencapaian kecil, yang berdampak besar pada anak itu sendiri dan yang telah dialami anak tersebut.

Hal di atas dapat diterapkan ketika guru menghadapi siswa yang ‘jahat’, tetapi selalu ingat untuk menghindari kekerasan. Peran orang tua juga sangat penting, oleh karena itu kami meminta Anda untuk menjaga anak-anak Anda agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada mereka.