Home » Aplikasi » 17 Aplikasi Perekam Layar untuk PC, Android, dan Iphone

17 Aplikasi Perekam Layar untuk PC, Android, dan Iphone

Tigaraksa – Perekam layar merupakan salah satu fitur yang biasanya sudah disematkan pada perangkat ponsel pintar. Hanya saja penggunaannya dirasa kurang maksimal sehingga dibutuhkan aplikasi perekam layar untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Tindakan merekam layar sendiri merupakan aktivitas yang sangat penting, terutama bagi para content creator yang ingin membuat video tutorial. Saat ini telah tersedia berbagai macam aplikasi untuk perekam layar sehingga Anda pun bisa memilih sesuai kebutuhan, baik yang gratis maupun berbayar.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Perangkat Android

Dengan adanya aplikasi untuk merekam layar di perangkat Android maka siapapun akan mudah untuk membuat video tutorial sesuai keinginan masing-masing. Tidak perlu bingung dalam memilih, berikut ini adalah daftar aplikasi perekam layar terbaik yang layak untuk diunduh.

1. Mobizen

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar di perangkat Android adalah Mobizen. Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh di Google Play Store maupun App Store. Anda hanya perlu mengunduhnya saja untuk bisa menggunakan secara maksimal.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur edit bawaan sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan edit secara langsung begitu proses perekaman selesai. Aplikasi ini juga didukung fitur Facecam sehingga bisa merekam melalui kamera depan.

Fitur yang disematkan pada aplikasi ini memang cukup banyak sehingga wajar jika ukurannya relatif berat, yaitu sekitar 20,9 MB. Selain itu, jika Anda tidak mengaktifkan mode tertentu maka hasil perekaman layar tetap akan menampilkan watermark.

2. ADV Screen Recorder

ADV-Screen-Recorder

ADV Screen Recorder merupakan aplikasi untuk merekam layar yang mampu menghasilkan video dan suara rekaman berkualitas. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis di Google Play Store maupun App Store.

Sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik untuk perangkat ponsel, ADV Screen Recorder sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik di dalamnya. Misalnya fitur untuk menambahkan teks pada layar.

Selain itu juga tersedia fitur yang memungkinkan Anda untuk menyalakan kamera depan maupun belakang pada saat proses perekaman berlangsung. Aplikasi ini bisa digunakan untuk ponsel tanpa rooting dan untuk sistem operasi Android 5.0 keatas.

3. Az Screen Recorder

Az-Screen-Recorder

Aplikasi lainnya yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar adalah Az Screen Recorder yang merupakan salah satu aplikasi dengan pengguna yang cukup banyak di dunia. Untuk kualitas video yang dihasilkan pun sangat bagus sehingga aplikasi ini memang layak diunduh.

Melalui aplikasi ini Anda bisa merekam layar di ponsel dalam jangka waktu tidak terbatas dengan kualitas HD dan Full HD yang pastinya memanjakan mata. Anda hanya perlu menekan Magic Button untuk merekam layar sesuai keinginan.

Aplikasi ini juga tampil dengan interface yang sederhana sehingga siapapun akan mudah untuk menggunakannya. Anda tidak perlu melakukan root untuk mengunduh aplikasi dan pastikan sistem operasi Android yang digunakan adalah versi 5.0 keatas.

4. RecMe Free Screen Recorder

RecMe-Free-Screen-Recorder

Aplikasi untuk merekam layar ini memungkinkan Anda untuk melakukan perekaman dalam jangka waktu yang lama. Dengan aplikasi ini hasil video yang direkam akan terlihat profesional karena hasilnya ditampilkan tanpa watermark. Sementara untuk kualitas gambarnya sudah HD.

Simak :  Apa arti KPOP dan Line dalam Bahasa inggris Apa artinya ini - Sabilia.id

Aplikasi ini juga menyediakan fitur mikrofon dan internal audio yang memungkinkan Anda untuk menambah suara dari luar perangkat HP. Misalnya pada saat Anda membuat video tutorial, maka bisa ditambahkan suara sebagai panduan tanpa perlu edit lagi, jadi lebih praktis bukan?

5. Super Screen Recorder

Super-Screen-Recorder

Aplikasi perekam layar ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang ingin merekam layar tanpa harus terganggu dengan adanya watermark. Keberadaan waternark sendiri dirasa cukup mengganggu karena akan membuat tampilan video kurang profesional.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Super Screen Recorder juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang cukup lengkap sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahkan dengan aplikasi ini Anda dapat memilih opsi perekaman video hingga kualitasnya 2K.

Selain itu dengan adanya fitur facecam, maka memungkinkan untuk menyalakan kamera depan dan menangkap reaksi Anda selama proses perekaman layar berlangsung. Fitur ini tentu akan sangat cocok bagi Anda para gamer.

Dan yang menarik, dengan aplikasi ini Anda bisa menambahkan watermark pribadi sehingga hasil perekaman tidak diambil atau diakui oleh orang lain. Dengan fitur yang sudah lengkap tersebut, maka Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi edit tambahan.

Yang disayangkan, aplikasi ini rupanya tidak dilengkapi dengan perekam suara internal sehingga Anda hanya bisa menambahkan dubbing atau musik saat proses editing melalui mikrofon suara saja.

6. X Recorder

X-Recorder

Aplikasi perekam layar yang satu ini juga sangat layak untuk diunduh karena tidak menampilkan watermark pada hasil perekaman. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini perangkat ponsel tidak perlu rooting terlebih dahulu sehingga lebih mudah dan paktis.

Selain itu, X Recorder mampu menghasilkan video rekaman dengan kualitas gambar dan audio yang bagus. Adanya fitur editor pada aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, musik, menyatukan dengan video lain dan bahkan menggambar di layar.

Menariknya lagi, Anda bisa merekam suara selama proses perekaman layar berlangsung sehingga video tutorial yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi gambar maupun audionya.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Perangkat iOS

Bagi Anda pengguna perangkat iOS seperti iPhone maupun iPad, sebenarnya fitur perekam layar sudah menjadi aplikasi bawaan yang ditambahkan pada iOS versi 11. Hanya saja fitur ini tidak cukup memuaskan karena tidak menyediakan fitur lainnya yang lebih lengkap.

Untuk mendapatkan beragam fitur perekam layar yang lebih lengkap dan menarik, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi di bawah ini:

1. Go Record: Screen Recorder

Go-Record-Screen-Recorder

Aplikasi ini terbilang multifungsi karena tidak terbatas hanya merekam layar saja tetapi juga bisa digunakan untuk mengimpor berbagai macam gambar dan video di galeri menjadi satu video. Selain itu juga bisa untuk meambahkan file pada rekaman yang sedang dibuat.

Aplikasi ini bisa Anda Download secara gratis di App Store tanpa perlu melakukan rooting atau jailbreak. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan premium sehingga Anda bisa menggunakan versi yang diinginkan sesuai kebutuhan.

2. Screen Recorder +

Screen-Recorder

Aplikasi perekam layar selanjutnya yang bisa digunakan untuk perangkat iOS adalah Screen Recorder +. Aplikasi ini mampu menghasilkan video yang berkualitas, baik dari segi gambar maupun audionya yang jernih tanpa adanya noise yang mengganggu.

Tampilan aplikasi yang sederhana juga menjadi keunggulan tersendiri karena sangat mudah untuk digunakan, bahkan jika Anda adalah seorang pemula. Setelah perekaman layar selesai, Anda bisa melakukan proses edit video dengan menambahkan stiker dan lainnya.

Simak :  FF Advance Server 2021 Apk Mod Gratis Diamond (Update!)

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang mendukung facecam sehingga Anda pun bisa menyalakan kamera depan saat proses perekaman berlangsung. Sementara untuk fitur lainnya tersedia pengaturan bit rate, resolusi video serta frame rate.

3. AirShou Screen Recorder

AirShou-Screen-Recorder

Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi untuk merekam layar ini juga bisa diunduh secara gratis dan menawarkan berbagai macam fitur yang sangat menarik. Aplikasi ini cocok sekali untuk Anda yang gemar bermain game dan ingin membuat video tutorialnya secara praktis.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini ukurannya cukup ringan sehingga tidak akan membebani penyimpanan perangkat. Dan yang lebih menarik, aplikasi ini tidak hanya terbatas merekam video saja tetapi juga bisa merekam audio secara internal maupun eksternal.

Selain itu, dengan aplikasi ini hasil perekaman video juga bebas watermark sehingga tampilannya terlihan lebih profesional. Sementara untuk kualitas videonya sendiri sudah sangat bagus dengan kualitas HD dan Full HD.

4. Record It

Record-It

Aplikasi perekam layar untuk perangkat iOS ini memungkinkan Anda untuk menambahkan audio eksternal melalui mikrofon setelah proses perekaman layar berlangsung. Selain itu juga bisa melakukan edit seperti menambahkan emoji, reaksi dan gambar menarik di video.

Anda juga bisa melakukan edit untuk menyempurkan video, mempercantik tampilannya dengan mengatur kecepatan hingga memberikan efek. Sementara dengan fitur facecam, Anda bisa menambahkan reaksi saat merekam layar dengan menyalakan kamera depan.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di App Store, namun untuk versi yang penuh Anda harus membelinya. Karena untuk versi gratisnya sendiri hanya terbatas untuk merekam layar selama 3 menit saja.

5. Vidyo Screen Recorder

Vidyo-Screen-Recorder

Meskipun aplikasi ini tidak begitu populer dikalangan pengguna iPhone, namun untuk fitur dan kualitas videonya tidak perlu diragukan lagi. Apalagi beragam fitur yang tersedia di aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis.

Aplikasi ini cocok untuk pembuatan video tutorial karena dilengkapi dengan fitur audio yang sangat jernih. Hanya saja dengan aplikasi ini Anda tidak bisa mendengar audio dari speaker pada saat suara dan video sedang dalam proses rekam.

6. BB Rec Screen Recorder

BB-Rec-Screen-Recorder

Bagi Anda yang suka live streaming atau bahkan merekam reaksi ketika bermain game, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. Apalagi tampilan dari aplikasi ini cukup sederhana sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan tersendiri saat digunakan.

Hasil video yang direkam dengan aplikasi ini memiliki kualitas yang bagus dengan suara dan gambar yang jernih. Anda bebas dalam menentukan orientasinya, apakah vertikal maupun horizontal, semua bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan perekaman selama 3 jam dan untuk menggunakannya pun tidak perlu melalui proses jailbreak jadi lebih praktis. Namun untuk menikmati beragam fitur di dalam aplikasi, pastikan iOS yang digunakan versi 10 keatas.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di PC

Selain merekam layar di perangkat Android dan iPhone, Anda juga bisa melakukannya di perangkat PC dengan kualitas video yang jernih dan bagus. Mau merekam aktivitas saat Zoom, bermain game atau live streaming semuanya bisa. Anda hanya membutuhkan beberapa aplikasi seperti berikut ini.

1. Screen Flow

Screen-Flow

Aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam layar di PC sekaligus melakukan editing. Kualitas video yang dihasilkan dengan aplikasi ini pun terbilang tinggi dan Anda bisa mengeditnya dengan beragam fitur menarik.

Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah karena menampilkan interface yang sederhana dan pastinya user friendly, sangat cocok untuk pemula. Selain bisa diunduh secara gratis, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi video secara mudah.

Simak :  Download Gratis Penghapus Penghapus Latar Belakang (Pembaruan 2022)

Namun sayangnya, aplikasi untuk merekam layar ini hanya tersedia di perangkat Mac saja sehingga bagi pengguna Windows harus mencari aplikasi lainnya untuk merekam layar di PC.

2. Camtasia

Camtasia

Aplikasi perekam layar ini bisa digunakan untuk perangkat Mac maupun Windows sehingga penggunaannya lebih fleksibel. Untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu akun TechSmith dan koneksi internet yang stabil agar tidak menemui kendala saat proses rekam berlangsung.

Aplikasi ini sangat cocok untuk keperluan meeting maupun presentasi dengan berbagai macam fitur yang lengkap di dalamnya. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengasah kreativitas dalam membuat video dan menambahkan efek tertentu sehingga hasilnya terlihat semakin menarik.

Anda bahkan bisa menambahkan kursor sehingga memudahkan orang lain untuk mengikuti tutorial saat sedang melakukan live streaming. Sementara untuk fitur canggih lainnya berupa penambahan sibtitle, green screen, menghilangkan background noise, dll.

3. OBS Studio

OBS-Studio

Aplikasi untuk merekam layar di PC ini termasuk yang terbaik dan banyak direkomendasikan karena tidak menampilkan watermark pada hasil videonya. Aplikasi ini sifatnya open source dan multiplatform, sehingga penggunaanya bisa untuk Mac, Wndows, maupun Linux.

Aplikasi ini sangat menarik karena memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming sehingga banyak dimanfaatkan oleh para gamers. Terlebih dengan interface yang sederhana, siapapun bisa menggunakan dengan mudah dan menikmati fitur yang tersedia.

Sama seperti aplikasi perekam layar lainnya, OBS Studio juga memungkinkan penggunanya untuk merekam layar di PC dengan kualitas HD, serta merekam audio secara internal maupun eksternal melalui mikrofon dan webcam.

4. TinyTake

TinyTake

Aplikasi untuk merekam layar PC ini cukup populer di kalangan pengguna karena menawarkan fitur yang lengkap secara gratis. Untuk perangkat PC, aplikasi ini juga terbilang ringan karena ukurannya hanya sekitar 50 MB.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan perekaman pada layar secara penuh atau sebagian saja sesuai kebutuhan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur anotasi untuk menambagkan text box, panah maupun garis pada video.

Jika proses perekaman tersebut selesai, maka Anda pun bisa dengan mudah menyimpannya di penyimpanan Cloud dan langsung mengunggah di platform yang diinginkan seperti YouTube.

Namun sayangnya untuk menikmati versi gratis dari aplikasi ini waktu untuk merekam hanya terbatas 5 menit saja. Jadi kalau ingin menikmati versi yang lebih panjang, maka Anda harus membeli aplikasi dalam versi berbayar.

5. Bandicam

Bandicam

Boleh dibilang aplikasi ini kebalikan dari ScreenFlow yang hanya bisa digunakan untuk perangkat Mac. Karena aplikasi Bandicam justru hanya bisa digunakan untuk perangkat Windows saja.

Fitur yang tersedia di aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk merekam sebagian area atau seluruh layar di PC. Aplikasi ini dapat merekam layar dengan kualitas video yang bagus dan setelahnya Anda bisa dengan mudah berbagi video tersebut dalam berbagai format.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa menggambar pada video saat perekaman berlangsung serta menambah overlay webcam sehingga bisa sekaligus merekam diri sendiri pada saat proses rekam layar berlangsung.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan suara, efek animasi atau logo pada rekaman video. Namun sayangnya, meskipun kualitas video yang dihasilkan hingga 4K UltraHD, hasil rekaman tersebut tetap menampilkan watermark.

Aplikasi perekam layar memang menjadi solusi terbaik ketika ingin membuat video tutorial. Anda bisa menggunakan aplikasi yang terbaik sesuai kebutuhan, apakah untuk perangkat Android, iOS maupun PC. Pastikan Anda memanfaatkan fitur yang tersedia dengan maksimal agar hasilnya berkualitas.

 

Lihat Juga :