Home » Aplikasi » 7+ Cara Mempercepat Hp Android Lambat Tanpa Root

7+ Cara Mempercepat Hp Android Lambat Tanpa Root

Performa optimal di Android tentunya membantu pengguna menyelesaikan berbagai macam aktivitas, mulai dari aktivitas hiburan saja hingga aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Khusus untuk pecinta game, kinerja Android yang cepat adalah suatu keharusan. Pasalnya, hampir semua game saat ini membutuhkan performa yang lebih agar bisa berjalan dengan lancar.

Nah, bagi Anda yang masih merasa lambat di Android dan ingin mendongkrak performa, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Cara mempercepat kinerja Android

Metode ini khusus untuk pengguna Android yang tidak di-rooting. Mempercepat kinerja Android tanpa root sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang boot loop ketika Anda melakukan kesalahan.

Bagus. Inilah yang dapat Anda coba:

Instal aplikasi yang cukup

Hanya ada beberapa aplikasi bawaan Android secara default. Jadi sangat wajar ketika Anda pertama kali menggunakan Android dan Anda merasakan kinerja yang sangat cepat.

Namun ketika Anda mulai menginstal berbagai aplikasi, kinerja Android Anda menjadi lambat. Ini berlaku untuk semua merek ponsel Android. Ya, tidak sembarangan.

Saran saya, jika Anda benar-benar membutuhkannya, instal aplikasinya. Pada titik ini, jika ada aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan, lebih baik di-uninstall saja agar Android bisa lebih cepat.

penyimpanan penyimpanan internal

Cara mempercepat android tanpa root
Gambar: techzillo.com

Penyimpanan internal adalah memori yang digunakan untuk menyimpan semua file sistem Android dan aplikasi yang diinstal. Saat penyimpanan ini penuh, Android biasanya lambat.

Anda mungkin tidak akan mengalami masalah ini di Android, yang sudah memiliki penyimpanan internal yang besar. Namun bagi yang masih memiliki penyimpanan internal kurang dari 8GB, ini merupakan masalah yang cukup serius.

Simak :  15 Cara Download Video Youtube Di HP / Laptop Dengan & Tanpa Aplikasi

Jika Anda ingin menyimpan penyimpanan internal, harap simpan semua data ke kartu SD. Jadi, penyimpanan internal hanya digunakan untuk menyimpan file aplikasi, sehingga tidak cepat penuh.

Hemat penggunaan RAM

Cara mempercepat hp android tanpa root
Gambar: androidcentral.com

RAM adalah perangkat keras yang bertanggung jawab untuk menjalankan semua proses di Android. Jadi jika Anda membuka 2 aplikasi, kedua aplikasi akan berjalan di RAM.

Jika ponsel Android Anda memiliki RAM rendah, ponsel Anda cenderung melambat dengan cepat. Ini karena ada beberapa proses yang perlu dijalankan di sistem Android.

Tapi tenang. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan cukup membuka aplikasi. Jadi, jika Anda memiliki aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, segera hentikan.

bersihkan layar beranda

Cara mempercepat ponsel Android Samsung Anda
Gambar: twitgoo.com

Pada umumnya pengguna Android ingin mempercantik tampilan home screennya, seperti dengan menambahkan widget atau menata ikon aplikasi.

Widget dan ikon aplikasi di layar beranda Anda sebenarnya dapat memperlambat kinerja Android. Untuk melakukan ini, hapus widget dan ikon aplikasi untuk menciutkannya.

Instal hanya widget yang benar-benar Anda butuhkan, seperti Saran Saya, widget Jam & Cuaca, widget Catatan Tempel, dan lainnya. Instal hanya widget yang pada dasarnya Anda butuhkan.

Selain mempercepat Android kamu, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menghemat baterai Android kamu. Baca selengkapnya di artikel selanjutnya.

Matikan sinkronisasi otomatis

Cara mempercepat ponsel Anda tanpa aplikasi
Gambar: cnet.com

Fungsi sinkronisasi otomatis yang menghubungkan ponsel Android Anda dengan beberapa aplikasi seperti Gmail, Kalender, Kontak, dan aplikasi lainnya.

Saat fitur ini aktif, Anda tidak perlu menyinkronkan secara manual. Kelemahannya, bagaimanapun, adalah fitur ini sedikit memperlambat kinerja Android, jadi Anda harus bersedia melakukannya.

Untuk ini kamu pilihan Untuk mematikannya. Jika Anda benar-benar ingin mematikan sinkronisasi untuk semua aplikasi, Anda dapat mengklik ikon untuk mematikannya. penyetelan oleh panel notifikasi.

Simak :  1100+ Akun Netflix Gratis Mei 2022 Kualitas Premium Asli 4K

gunakan peluncur ringan

cara mencerahkan android
Gambar: androidcentral.com

Secara default, setiap Android menggunakan peluncur bawaannya sendiri. Namun terkadang launcher yang digunakan terlalu berat dan menghambat kinerja Android.

Untuk ini, Anda dapat menggunakan peluncur lite populer di Google Play Store untuk membuat kinerja Android Anda lebih cepat. Saran saya, gunakan peluncur nova Karena itu benar-benar ringan.

[Update] Berikut adalah opsi peluncur ringan untuk Android.

  • Peluncur Tanpa Root
  • Peluncur Cerdas 5
  • peluncur ebay
  • Peluncur Niagara
  • peluncur poco
  • peluncur tunggal
  • Google sekarang

Pilih peluncur yang sesuai dengan selera Anda. Untuk menggunakan peluncur lebih andal, Anda dapat melihat Review pengguna melalui halaman yang disediakan oleh Google Play Store.

Peningkatan OS Android

cara meningkatkan kinerja android
Gambar: oomph.co.id

Upgrade Android biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah. serangga Atau untuk menambah fungsionalitas. Anda juga dapat menggunakan peningkatan OS untuk mengoptimalkan kinerja Android.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak boleh hanya mengupgrade OS Android Anda. Cobalah untuk melihat apakah OS yang Anda rencanakan untuk digunakan benar-benar stabil. Jika masih dalam versi beta, sebaiknya jangan terburu-buru. Silakan tunggu beberapa saat.

Untuk petunjuk mendetail tentang memutakhirkan Android, baca Cara Meningkatkan Android. Jika Anda masih membutuhkan referensi lain mengenai peningkatan Anda, silakan gunakan Google untuk mengajukan pertanyaan Anda agar tidak membuat kesalahan.

Lakukan reset pabrik

Cara meningkatkan kinerja HP
Gambar: medios.com

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat Android Anda. Namun sebelum itu, sebaiknya backup dulu data-data penting Anda agar tidak hilang.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan reset pabrik. persiapan Dan pemulihan. Namun, saya lebih suka menggunakan recovery saja karena mungkin lebih optimal.

Menggunakan reset pabrik dengan pemulihan kinerja untuk meningkatkan efisiensi baterai dapat menghapus virus dari Android. Jadi, jika Android Anda terinfeksi virus, Anda bisa memperbaikinya dengan cara ini.

Simak :  Download Garena Free Fire Mod Apk Gratis (Pembaruan 2022)

Nah, itulah cara mempercepat kinerja Android yang bisa Anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.