Home » Aplikasi » Cara Lengkap Menambah RAM pada Laptop Anda (RAM Fisik dan Virtual)

Cara Lengkap Menambah RAM pada Laptop Anda (RAM Fisik dan Virtual)

Menambahkan RAM ke laptop Anda adalah salah satu langkah tepat yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja laptop Anda. Bisa dikatakan upgrade RAM pada laptop dapat mengatasi berbagai masalah seperti laptop lemot dll.

Bagi anda yang belum tahu, memori akses acak Perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara saat menggunakan laptop. Oleh karena itu, semua data aplikasi yang terbuka disimpan sementara di RAM.

Juga, perlu diingat bahwa semakin banyak aplikasi yang Anda buka, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan. Jika laptop Anda tidak memiliki cukup RAM untuk ini, menambahkan lebih banyak RAM adalah solusi yang baik.

Bagaimana cara menambahkan RAM fisik ke laptop Anda

Menambahkan RAM fisik ke laptop Anda adalah langkah paling ampuh dalam meningkatkan kinerja laptop Anda. Hal ini bisa terjadi karena ukuran RAM laptop Anda justru bertambah, bukan virtual.

Sebelum menambahkan RAM fisik ke laptop Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penting untuk memastikan bahwa RAM berfungsi dengan baik. Karena jika tidak hati-hati, kinerja laptop Anda akan benar-benar turun selama Anda menambahkan lebih banyak RAM.

Periksa apakah RAM dapat dilepas

Ada model RAM saat ini. di atas kapal Artinya, RAM yang sudah terpasang di motherboard dan tidak memiliki slot tambahan. Jika demikian, Anda tidak dapat menambahkan RAM fisik ke laptop Anda. Ya, Anda sebenarnya bisa melakukannya. Ini hanya lebih rumit. Melewati!

Jadi, langkah pertama yang harus Anda periksa adalah Anda dapat menghapus RAM laptop. Karena ini harus mutlak dipenuhi. Jika verifikasi selesai dan RAM dapat dilepas, baca Persyaratan Penting Lainnya.

Simak :  GTA San Andreas Lite Mod Offline Light Size Terbaru 2022

ada slot kosong

Jika Anda ingin menambahkan RAM pada laptop Anda, Anda juga perlu memastikan ada slot yang kosong. Sebenarnya tidak masalah untuk tidak ada yang kosong, namun RAM perlu diganti dengan yang baru.

Penyesuaian kecepatan RAM

cara menambah ram laptop

Secara umum, RAM dasar sebuah laptop memiliki kecepatan yang telah ditentukan, sehingga Anda dapat merujuknya saat menambahkan RAM. Misalnya, jika kecepatan RAM default laptop Anda adalah 2666 MHz, Anda perlu meningkatkan RAM pada kecepatan tersebut.

Hal ini sangat penting karena perbedaan kecepatan antara RAM slot 1 dan RAM slot 2 justru dapat menurunkan kinerja laptop Anda. Jadi Anda harus membeli RAM berdasarkan kecepatan asli laptop Anda.

penunjukan tipe RAM

Selain itu, Anda juga tahu jenis atau tipe RAM yang dimiliki laptop Anda, apakah yang menggunakan DDR3, DDR3L, DDR4, DDR4L, atau jenis RAM lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis RAM ini, baca dulu artikel kami tentang Cara Memeriksa RAM Laptop.

Ukuran RAM

Anda dapat menggunakan RAM utama laptop Anda sebagai referensi untuk menentukan ukuran RAM. Misalnya ukuran RAM (slot 1) laptop adalah 4 GB. Kemudian Anda dapat membeli RAM 4GB untuk dipasang di slot 2.

Pada dasarnya Anda hanya perlu mencocokkan ukuran antara slot 1 dan slot 2.

Pilih merek yang Anda inginkan

Ketika datang ke branding, itu sebenarnya opsional. Karena laptop dengan semua merek masih hidup. Namun, lebih baik lagi jika Anda memilih merek RAM yang bagus dan dipercaya oleh banyak pengguna.

Tambahkan RAM

Jika Anda sudah membeli RAM, langkah selanjutnya adalah memasang RAM di laptop Anda. Bahkan, jika Anda membeli RAM, Anda bisa meminta bantuan teknisi untuk memasangnya, jadi tidak ribet.

Simak :  9 Aplikasi Sadap WA yang Viral Di Tiktok Secara Diam-diam!

Namun, untuk instalasi stand-alone, Anda perlu membuka penutup belakang laptop. Namun, beberapa laptop (keyboard) harus dibongkar dari atas. Jadi Anda tinggal menyesuaikan saja dengan kondisi laptop masing-masing.

Setelah berhasil dibuka, Anda bisa langsung memasang RAM laptop pada tempatnya. Setelah instalasi selesai, hidupkan laptop Anda dan periksa apakah RAM terdeteksi. Baca artikel ini untuk memeriksa.

Bagaimana cara menambahkan RAM virtual ke laptop Anda

Jika Anda masih mengalami masalah saat menambahkan RAM fisik ke laptop Anda, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menambahkan RAM virtual (memori virtual). Sederhananya, memori virtual adalah memori pada hard disk Anda yang dapat meningkatkan kinerja laptop Anda.

Ya, menambahkan RAM virtual secara otomatis mengurangi kapasitas hard drive. Untuk melakukan ini, ada baiknya untuk memeriksa kapasitas hard drive terlebih dahulu. Itu masih cukup.

Untuk menambahkan memori virtual ke laptop Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka penjelajah jendela di laptopmu.
  2. setelah, klik kanan di ~ komputer saya atau komputer ini.
  3. Jika Anda masuk ke sistemCari dan klik Pengaturan sistem lanjutan (Tampilan lama di sebelah kiri dan tampilan baru di sebelah kanan.)tambah ram laptop
  4. Selanjutnya, klik pada tab. canggih > di bagian Pertunjukan Klik pengaturan.tambah ram laptop
  5. Klik ketika jendela baru terbuka canggih Selengkapnya > di bagian memori virtual klik mengubah.cara menambah ram laptop
  6. hapus centang Secara otomatis mengelola ukuran file paging untuk semua driver > Pilih drive yang ingin Anda gunakan, mis. piringan C)> klik ukuran khusus Kemudian Anda dapat memasukkan nomor yang Anda inginkan atau mengikuti contoh. > Klik mengatur.Cara menambah ram laptop tanpa membeli
  7. klik terakhir Mengonfirmasi Kemudian restart laptop Anda.
  8. menyelesaikan.

Dengan mempraktekkan cara-cara di atas, anda telah berhasil menambah RAM pada laptop anda tanpa harus membeli laptop. Metode ini tidak sepenting menambahkan RAM fisik, tapi tidak apa-apa. Itu tidak buruk!

Nah, itulah cara menambah RAM pada laptop baik menggunakan RAM fisik maupun virtual. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menambahkan RAM virtual ke laptop lain, termasuk menggunakan fitur flash yang disebut ReadyBoost.

Simak :  Download IMO Apk Mod – Video & Obrolan Gratis (Diperbarui) 2022