Home » Aplikasi » Cara mengatasi gaya partisi GPT saat menginstal Windows

Cara mengatasi gaya partisi GPT saat menginstal Windows

Gaya partisi GPT adalah masalah umum saat menginstal ulang Windows 7/8/10. Kode kesalahan yang muncul adalah “Windows tidak dapat diinstal pada disk ini. Disk yang Anda pilih memiliki gaya partisi GPT.”.

Ketika kode kesalahan ditafsirkan, itu berarti: “Windows tidak dapat diinstal pada disk ini. Disk yang Anda pilih adalah partisi GPT”. Maaf jika saya salah mengartikannya, tapi itu intinya.

Ketika hal ini terjadi, jangan langsung berasumsi bahwa harddisk laptop Anda rusak. Ini adalah masalah umum dan sering dialami oleh pengguna Windows.

Penyebab gaya partisi GPT

Partisi dibagi menjadi MBR dan GPT. partisi MBR atau catatan boot utama adalah tipe partisi yang sudah lama berdiri dengan kapasitas maksimal hanya 2 TB.

partisi GPT atau Tabel partisi panduan Sebagai partisi tipe baru untuk menggantikan MBR, harddisk ini bisa memiliki kapasitas lebih dari 2TB dan sudah banyak digunakan di laptop modern.

Jadi, jawaban atas pertanyaan penyebabnya adalah hard drive GPT hanya mendukung beberapa versi Windows. Jika Anda memaksa menginstalnya, itu akan memberi tahu Anda gaya partisi GPT.

Masalah ini muncul saat mencoba menginstal Windows 32-bit pada hard drive GPT. Jika Windows 64bit diinstal, mungkin tidak muncul. Ini karena GPT hanya dapat diinstal pada sistem UEFI dan Windows 64-bit.

Cara mengatasi gaya partisi GPT

Jika Anda pernah mengalami masalah ini, yakinlah. Pada kesempatan ini kami ingin memberikan tutorial tentang cara mengatasi gaya partisi GPT saat menginstal ulang Windows.

Berikut adalah beberapa cara.

Simak :  GTA SA Lite Indonesia Mod APK + OBB Offline Unduhan Kecil

Boot Melalui Legacy

Ini adalah opsi awal yang bisa Anda coba. Caranya sangat mudah. Cukup ubah mode boot menjadi: Warisan. Jika Anda ingin mencobanya, baca tutorialnya di bawah ini.

  1. Matikan dulu laptopmu.
  2. Setelah itu, pergi ke bios (Cara: nyalakan laptop dan tekan tombol F2 Lanjutkan sampai Anda masuk ke BIOS).
  3. Kemudian geser dengan satu ketukan. sepatu bot. di bagian Mode boot UEFI/BIOSmengubah Warisan.Bagaimana cara memperbaiki gaya partisi gpt
  4. Simpan pengaturan dengan menekan tombol F10.

Coba instal Windows apakah itu mungkin atau tidak. Jika masih tidak berhasil, lanjutkan ke cara berikutnya.

Menggunakan OS 64-bit

Selanjutnya, Anda dapat mencoba OS Windows 64-bit. Cara ini berhasil dilakukan oleh teman saya yang memiliki masalah dengan gaya partisi GPT saat menginstal Windows.

Jadi, Anda perlu mengunduh OS Windows 64-bit terlebih dahulu dan kemudian membuatnya dapat di-boot. Jika tidak bisa, baca Cara Membuat Flash Windows yang Dapat Di-boot.

Setelah file yang dapat di-boot berhasil dibuat, coba instal Windows dengan file yang dapat di-boot.

Bersihkan disk GPT

penting : Cara ini akan menghapus semua data di harddisk. Pastikan untuk mencadangkan semua data Anda yang ada sebelum melakukan metode yang saya berikan kepada Anda.

Langkah ini membutuhkan media berupa file instalasi, bisa berupa CD/DVD atau flash disk yang dapat di-boot. Jika sudah diatur, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Silahkan masuk terlebih dahulu bios (Cara: Nyalakan laptop dan tekan terus tombol F2 sampai masuk ke BIOS).
  2. Kemudian geser dengan satu ketukan. sepatu bot. di bagian Mode boot UEFI/BIOSmengubah Warisan. Jika tidak, pergi ke canggih > pengaturan sistem > mode bootubah mode boot UEFI K Warisan.Bagaimana cara memperbaiki gaya partisi gpt
  3. pergi ke tab sepatu botUbah urutan boot tingkat atas menjadi CD/DVD atau Flash disk instalasi Windows.
  4. Simpan dan keluar dari pengaturan BIOS dan boot langsung ke CD/Flashdisk.
  5. Ketika Anda mencapai jendela Penataan Windows (Selamat datang), klik Berikutnya. Shift + F10 Pada waktu bersamaan.
  6. Pergi ke CMD. ketik saja bagian cakram Kemudian ketikCara memperbaiki jendela gaya partisi gpt
  7. Tipe daftar disk Dan daftar disk akan muncul di hard disk Anda. Perhatikan ikon di bagian tersebut. GPTMenunjukkan bahwa hard drive memiliki tipe GPT.Cara memperbaiki gaya partisi gpt windows 7
  8. Setelah itu, masukkan Pilih disk 0 (sesuaikan angkanya dengan nomor yang tercantum di partisi GPT).Bagaimana cara memperbaiki gaya partisi gpt
  9. Setelah memilih disk, ketik: Membersihkan Memasuki.Bagaimana cara memperbaiki gaya partisi gpt saat menginstal windows
  10. Tunggu hingga proses pembersihan selesai. Kemudian restart komputer atau laptop Anda.
Simak :  Yandex Russia Video APK versi terbaru 2022 – Sabilia.id

Setelah partisi GPT dibersihkan, masalah gaya partisi GPT teratasi dan hard drive siap untuk diinstal ulang. Bagaimanapun, perhatikan langkah-langkah di atas dan buat itu berhasil.

Konversikan GPT ke MBR

Semua data hard drive akan hilang jika Anda menggunakan metode ini. Jadi, buat cadangan terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Cara ini hampir mirip dengan cara sebelumnya, jadi nomor 9. Setelah itu, masukkan konversi MBR lalu tekan memasuki Dan tunggu hingga proses selesai.

cara memperbaiki jendela partisi gpt

Sekarang coba instal ulang Windows menggunakan hard drive yang baru saja Anda konversi ke MBR. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menginstal Windows di laptop Anda.

Saya rasa cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Saya harap artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi gaya partisi GPT.