Home » Tips » Cara Terbaik Mengatasi Penyiraman HP (Trik 2022)

Cara Terbaik Mengatasi Penyiraman HP (Trik 2022)

inphedia.id – Saat ini ada beberapa model HP yang tahan air, tetapi elemen ini masih menjadi hantu menakutkan bagi sebagian besar produk HP yang ada di pasaran saat ini. Jangan panik, ada cara untuk mengatasi air yang masuk ke HP kamu, jadi kamu bisa melakukan tindakan pencegahan.

Saat ponsel terkena air, biasanya ponsel akan panik dan menyala dengan cepat untuk mengetahui apakah ponsel tersebut rusak atau tidak. Tidak – Jangan lakukan ini jika bagian dalam ponsel masih basah.

Cara Terbaik Mengatasi Penyiraman HP (Trik 2022)

Cara Mengatasi HP Hidrasi, Panduan Ultimate Anda hingga 2022

Karena air adalah kebalikan dari komponen elektronik ponsel, itu akan merusak ponsel Anda alih-alih menyalakannya. Jika air masuk ke ponsel Anda, matikan dan keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai.

Jika Anda memiliki pengalaman membongkar komponen HP, bongkar dan lepaskan komponen satu per satu, lalu letakkan di atas kain kering dan lap hingga kering dengan air yang dibasahi air.

Jangan lupa dilap dan dibersihkan tubuh Layar eksternal dan LCD. Lakukan ini dengan hati-hati dan jangan sering-sering memindahkan ponsel agar air tidak masuk ke komponen internal.

Jangan meniup telepon Anda. Air bisa masuk ke dalam, jadi pastikan untuk mengalirkan air keluar dari tempat yang sulit dijangkau dengan penyedot debu.

Tunggu sebentar! Jangan terburu-buru dan nyalakan ponsel Anda. Pastikan semua bagian ponsel Anda benar-benar kering. Salah satu cara untuk mengeringkan ponsel Anda saat basah adalah dengan merendamnya dalam beras semalaman.

Simak :  4 Cara Cek Kuota Smartfren Terbaru 2022 (Update Mei)

kenapa nasi? Beras dapat menyerap kelembapan lebih cepat, jadi beras sudah tersedia di dapur tetangga Anda.

Bisa digunakan selain nasi silika gel Biasanya pada kemasan obat atau yang dibeli silika gel di apotek.

Setelah Anda melewati semua langkah di atas, saatnya untuk menghidupkan telepon Anda. Saat ponsel Anda basah, ponsel dapat menyala secara normal, jadi Anda tidak perlu membeli ponsel baru untuk penggantinya.

Untuk menghindari kerusakan yang lebih serius, Anda harus:

  • Jangan menyalakan ponsel saat terkena air, karena perangkat elektronik sangat berbeda dengan air.
  • Jangan hubungkan HP ke sumber listrik.
  • Jangan menekan tombol apapun saat menekan tombol, karena air dapat masuk ke dalam telepon.
  • Jangan gerakkan ponsel Anda terlalu ekstrem agar air tidak masuk ke bagian yang lebih dalam.
  • Jangan Panaskan HP Anda Dengan pengering rambut Udara panas justru memanas hingga suhu yang berlebihan karena merusak komponen HP itu sendiri.

Ya, bagi mereka yang sangat membutuhkan ponsel tahan air, sebenarnya ada banyak perangkat di pasaran yang benar-benar bersertifikat aman. Dimulai dengan alat anti air yang bisa ditenggelamkan hingga kedalaman tertentu.

Jika masih penasaran, berikut urutan pengamanannya.

1. Segera angkat telepon dari air.

Bukaan yang sempit seperti lubang jack earphone atau charger memungkinkan air masuk ke bagian ponsel. Tentu saja, jika ponsel Anda jatuh ke dalam genangan air, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengangkat ponsel dari air secepat mungkin.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan lebih banyak air yang berhasil meresap ke dalam ponsel. Jika ponsel Anda basah, segera pindahkan dari sumber air. Dan jika Anda terkena air saat mengisi daya, keluarkan ponsel Anda terlebih dahulu lalu bawa ponsel Anda untuk menghindari risiko sengatan listrik.

2. Jangan langsung menghidupkan telepon Anda.

Cara mengatasi HP masuk ke air selanjutnya adalah dengan mematikannya saja. Kebanyakan orang yang panik segera menyalakan ponselnya untuk memastikan ponsel masih berfungsi normal dan tidak rusak parah oleh air.

Padahal, jika terkena atau terendam air, ada kemungkinan air masuk ke bagian ponsel. Jadi jika Anda segera menyalakannya, rentan terhadap korsleting, yang selanjutnya dapat merusak ponsel Anda. Jika ponsel dalam keadaan hidup, segera matikan untuk menghindari risiko ini.

Smartphone terkena air

3. Keluarkan baterai, kartu SIM, dan kartu memori

Langkah selanjutnya akan langsung melepas komponen lepasan tersebut. Jika ponsel Anda belum memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda dapat segera melepas baterai, kartu SIM, dan kartu memori yang terpasang di ponsel Anda. Hal ini untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada daerah tersebut. Jangan lupa untuk melepas casing, penutup, atau casing ponsel yang terpasang.

Simak :  4 Cara Cek Kuota XL Axiata Mei 2022

4. Jika ponsel Anda menggunakan baterai internal, lepaskan casing, kartu SIM, dan kartu memori.

Menghapus perangkat yang terhubung adalah langkah selanjutnya. Namun, karena baterai dan casing tidak dapat dengan mudah dilepas dari ponsel dengan baterai internal, Anda cukup melepas bagian yang dapat dilepas seperti kartu SIM dan memori di tempatnya. Buka semua penutup telepon, seperti tempat SIM atau penutup jack earphone.

Ponsel Anda sudah memiliki indikator kerusakan cairan (LDI), jadi jika Anda belum pernah membongkar ponsel Anda, jangan paksakan. Kerusakan pada LDI dapat membatalkan garansi Anda dan tentu saja berisiko menyebabkan kerusakan lainnya.

5. HP Kering Penuh

Kemudian keringkan semua bagian ponsel luar dan dalam. Hal pertama yang perlu segera dikeringkan adalah layar atau LCD. Hal ini karena bagian ini paling rentan rusak saat terkena air. LCD mengandung filamen lembut yang umumnya tidak terpengaruh oleh kelembapan, dan jika dibiarkan basah terlalu lama, titik atau titik hitam dapat muncul di layar LCD ponsel Anda.

Anda dapat menggunakan kain kering yang mudah menyerap air, atau Anda dapat menggunakan saluran masuk udara seperti penyedot debu. Namun, jangan membidik terlalu dekat karena corong dapat menghasilkan listrik statis yang pasti lebih berbahaya daripada air. Selain itu, pengeringan di bawah sinar matahari langsung terlalu panas dan tidak disarankan karena pengeringan menghadap ke atas dapat merusak LCD atau layar.

6. Rendam ponsel Anda dalam beras selama beberapa hari.

Salah satu cara untuk mengeringkan ponsel yang basah atau terendam air adalah dengan merendamnya di dalam beras kering.

Metode unik ini sangat efektif karena beras memiliki sifat menyerap air, yang membuatnya lebih cepat dan mudah menyerap air dari ponsel Anda. Cara merendam handphone yang terkena air pada beras yang benar adalah:

Simak :  5 Cara Cek IMEI HP : iPhone, Xiaomi, Samsung, OPPO

Ambil kantong plastik atau kantong ziplock dan isi mangkuk sedang dengan nasi bersih dan kering. Letakkan bagian-bagian telepon seperti baterai, SIM dan kartu memori dan badan telepon di saku Anda. Ikat atau tutup rapat. Biarkan selama setidaknya 2-3 hari untuk melihat apakah itu dapat menghidupkan telepon.

7. Gunakan gel silika untuk menyerap kelembapan.

Selain beras, silika gel juga bisa digunakan karena memiliki sifat menyerap kelembapan. Dalam perangkat elektronik, silika gel juga diyakini dapat mencegah atau mencegah pengembunan.

Dengan cara yang sama seperti Anda mengeringkannya dengan nasi, Anda mengubur bagian ponsel yang lepas di tumpukan gel silika. Diamkan selama beberapa hari agar semua air terserap dan benar-benar kering.

8. Keringkan ponsel dengan kain yang menyerap air.

Jika Anda takut menggoyangkan ponsel karena berisiko air merembes ke bagian lain, Anda juga bisa menggunakan kain penyerap air untuk segera mengeringkan ponsel.

Pastikan kain benar-benar menyerap dan kering. Dan saat mengering, oleskan dengan lembut pada area yang basah dan airnya bisa berdarah tanpa digosok.

Yang pertama kering adalah bagian luarnya, terutama LCD atau layarnya, karena merupakan bagian yang paling rentan terkena air. Kemudian bagian lain seperti charger dan lubang konektor earphone.

9. Minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai alternatif.

Alternatif untuk mencegah korosi atau karat pada besi adalah dengan menggunakan thinner atau minyak kayu putih. Gunakan sikat gigi atau sikat lembut untuk membersihkan beberapa komponen ponsel Anda.

Jangan menggunakannya sebanyak mungkin, karena dapat mengendap di bagian dan menyebabkan kerusakan.

Beginilah cara HP mengatasi terkena air atau terkena air, yang bisa selesai pada 2022.