Home » Aplikasi » Cara mengatasi RAM tidak terbaca di laptop dan komputer

Cara mengatasi RAM tidak terbaca di laptop dan komputer

RAM merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berperan sangat penting dalam menyimpan data sementara. Jadi begini, misalnya saat Anda menjalankan aplikasi Google Chrome, data Google Chrome disimpan di RAM (saat aplikasi sedang berjalan).

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa tanpa RAM aplikasi tidak dapat berjalan. Tanpa RAM, tidak hanya aplikasi, tetapi juga sistem operasi tidak akan bisa boot.

Salah satu penyebab komputer atau laptop Anda tidak bisa booting adalah karena tidak bisa membaca RAM. Jadi, Anda perlu tahu apa penyebab laptop dan komputer Anda gagal membaca RAM dan cara memperbaikinya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang cara mengatasi RAM yang tidak terbaca. Saya menulis artikel ini untuk berbagi pengalaman saya dengan Anda, dan saya harap ini akan bermanfaat bagi orang lain juga.

Ada terlalu banyak faktor yang membuat RAM tidak terbaca. Mungkin karena RAM yang kotor, slot RAM yang kotor, RAM yang rusak, atau slot RAM yang rusak. Ada banyak masalah umum dengan RAM, tetapi secara khusus, dalam posting ini, saya akan menjelaskan mengapa RAM tidak dapat dibaca.

Penyebab RAM Tidak Dapat Dibaca

Menurut pengalaman pribadi saya, sebagian besar penyebab RAM tidak terbaca adalah pin RAM yang kotor. Tapi ada penyebab lain yang saya alami juga. Berikut beberapa penyebab dan cara memperbaiki RAM yang tidak terbaca.

Pin dan slot RAM kotor

Hal ini umumnya umum dan sebagian besar pengguna yang mengalami RAM atau slot RAM kotor adalah pengguna yang jarang atau tidak pernah membersihkan perangkatnya.

Simak :  Youtube Premium Mod Apk Tanpa Iklan dan Gratis, Selamanya!

Ya, wajar jika banyak kotoran masuk ke perangkat Anda dan mengotori perangkat keras Anda seiring waktu.

+cara mengatasi

Untuk perbaikan yang cukup mudah, lepaskan RAM dari slot. Kemudian gunakan karet penghapus untuk membersihkan peniti (bras kuningan) hingga bersih.

Juga, gunakan sikat untuk membersihkan slot RAM hingga bersih. Kemudian pasang kembali RAM ke dalam slot. Langkah-langkah singkat sebagai berikut:

  1. Keluarkan RAM dari slotnya.
  2. Gunakan penghapus karet untuk membersihkan pin RAM.
  3. Gunakan sikat untuk membersihkan slot RAM.
  4. Pasang kembali RAM ke slotnya.
  5. menyelesaikan.

Nyalakan perangkat terlepas dari apakah RAM terbaca atau tidak. Jika tidak, lihat metode selanjutnya.

RAM atau slot RAM rusak

Penyebab RAM Tidak Dapat Dibaca

Hal ini dapat merusak RAM dan slot RAM. Namun, jika Anda mencoba cara pertama dan tidak berhasil, jangan langsung berasumsi bahwa RAM atau slot RAM Anda rusak karena Anda tidak yakin.

Di bawah ini adalah tip yang dikutip dari situs web. pengkodean menyelesaikan masalah.

+cara mengatasi

Coba gunakan RAM dari laptop atau komputer teman dengan slot RAM yang sama. Jika RAM Anda DDR3, coba gunakan di slot DDR3. Jika demikian, kemungkinan besar slot RAM yang bermasalah.

Tapi tunggu dulu, coba pasang RAM sobat ke laptop atau komputer sobat. Jika tidak, lihat metode selanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, kebanyakan laptop saat ini sudah memiliki dua slot RAM. Jadi bisa cek menggunakan salah satu slot. Biasanya proses shutdown dan restart memakan waktu lama jika salah satu RAM tidak terbaca.

tegangan yang berbeda

ram tidak terdeteksi

Ini sering terjadi dengan RAM DDR3. Anda mungkin berpikir bahwa semua RAM DDR3 adalah sama, padahal tidak. Ada dua jenis RAM DDR3: DDR3 dan DDR3L.

Simak :  Apa artinya tanpa usaha dan tanpa usaha? Berikut contoh dan artinya.

Huruf tambahan L berarti tegangan rendah. Masalah ini biasanya terjadi pada laptop yang telah berganti RAM dan tidak memperhatikan apakah RAM tersebut normal atau undervoltage.

+cara mengatasi

Solusinya adalah dengan memasang RAM yang memadai di laptop Anda. Jika laptop Anda mendukung RAM DDR3L, silakan instal DDR3L. Jika mendukung RAM DDR3, silakan instal DDR3. Ini karena RAM DDR3 tidak akan berfungsi jika RAM DDR3L dipasang di laptop.

mengapa? Karena tegangannya berbeda. RAM DDR3 memiliki tegangan 1.5V dan DDR3L memiliki tegangan 1.3V. sesuatu seperti itu

masalah nomor bit

Jika sebelumnya Anda menggunakan RAM 2 GB dan ingin mengupgrade ke 8 GB, ini mungkin terjadi jika RAM tidak sepenuhnya terbaca (tersedia) jika laptop Anda masih 32-bit.

Jika Anda ingin menggunakan lebih dari 4GB RAM, sebaiknya gunakan Windows versi 64-bit. Bagi Anda yang tidak tahu cara mengetahuinya, baca Cara Menemukan Bit Laptop.

+cara mengatasi

Jika Anda sudah mengetahui sedikit dari laptop/Windows yang Anda gunakan, berarti Anda sudah mengetahui solusinya. Jika laptop Anda masih menggunakan Windows 32 bit dan ingin menggunakan RAM lebih dari 4 GB, solusinya adalah dengan mengupgrade ke Windows 64 bit.

Untuk meng-upgrade, cukup instal ulang. Untuk referensi, baca cara menginstal ulang Windows 10.

Nah, mungkin hanya ini saja artikel tentang cara mengatasi RAM yang tidak terbaca di laptop dan komputer. Kami harap artikel ini bermanfaat dan membantu Anda memecahkan masalah.