Home » Aplikasi » Cara menghapus virus dari Android (dengan atau tanpa aplikasi)

Cara menghapus virus dari Android (dengan atau tanpa aplikasi)

Virus tidak hanya dapat menyerang desktop, tetapi juga perangkat seluler seperti Android. Mungkin banyak pengguna Android termasuk saya yang terkena virus di perangkatnya.

Ada banyak varian virus di OS Android, antara lain Engriks, Obad, Shuanet, Shedun, ShiftyBug, Cyber ​​Police (ransomware), dll. Bahkan, setiap kali muncul strain virus baru.

Pengguna yang perangkatnya terkena virus malware, tenang dulu. Dalam hal ini, kami menyediakan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan virus.

cara menghapus virus dari ponsel android

Untuk menghapus virus dari ponsel Android Anda, Anda dapat menggunakan fungsi default atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nah, artikel ini menjelaskan kedua metode tersebut.

Berikut adalah detail lengkap tentang cara menghapus virus dari Android.

Hapus Virus Android dengan Aplikasi

Google Play Store memiliki banyak aplikasi antivirus dari berbagai pengembang. Namun, kami hanya akan menggunakan dua aplikasi dalam artikel ini. Lihat caranya di bawah.

antivirus kaspersky

Kaspersky adalah rekomendasi antivirus terbaik untuk PC dan Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa pemindaian Singkirkan virus yang tertanam di perangkat Anda.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan Kaspersky, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasinya antivirus kaspersky Pertama.
  2. Jika sudah, buka aplikasinya. Klik untuk melanjutkan proses. Selanjutnya ke aplikasi.
  3. Jika Anda ingin menggunakan versi gratis, pada langkah ini melewati lanjutkan dengan ketuk injeksi.cara menghapus virus di android samsung
  4. Klik setelah memasukkan formulir aplikasi injeksi dan pilih inspeksi penuh Lakukan pemindaian penuh.cara menghapus virus dari xiaomi android
  5. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Setelah selesai, ikon biasanya dipilih dan warna latar belakang berubah menjadi hijau.Cara menghilangkan virus membandel di android
  6. menyelesaikan.
Simak :  10 Pembayaran terbukti untuk mendanai saldo Anda dengan menghasilkan uang langsung di game

Antivirus Avast

Selain Kaspersky, Avast juga merupakan antivirus yang handal untuk menghapus virus dari Android. Mirip dengan Kaspersky, aplikasi ini juga menggunakan metode pemindaian dalam prosesnya.

Berikut cara menghapus virus menggunakan Avast:

  1. silakan Download Antivirus Avast dari Google Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasinya. Ketika Anda menemukan tampilan seperti ini, pilih Next. Mulailah. pilihan berikutnya versi dasar Jika Anda ingin menggunakan versi gratis.cara menghilangkan virus hp
  3. Ketika sebuah jendela muncul Kebijakan pribadiMemilih Lanjutkan Gratis hanya. kran air ledeng injeksi Mulai proses pemindaian virus.cara menghapus virus trjoan dari android
  4. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Anda akan menerima laporan dari Avast, jika ada. Nah, jika Anda memiliki masalah, pilih menyelesaikan / terselesaikanApakah ada virus atau tidak.cara menghapus virus dari ponsel android
  5. menyelesaikan.

Merasa ponsel Android Anda sudah lemot? Gunakan metode ini untuk mempercepat Android Anda untuk mengoptimalkan kinerja kembali.

Hapus virus Android tanpa aplikasi

Jika cara menghilangkan virus di android dengan aplikasi tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara berikut ini. Namun, beberapa metode ini mengharuskan Anda untuk membuat cadangan data Anda terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa cara.

mode aman

Safe mode adalah fitur yang berjalan di Android dengan penggunaan terbatas. Anda sebenarnya tidak dapat menjalankan aplikasi apa pun yang telah Anda instal (aplikasi tambahan).

Nah, karena beberapa virus disebabkan oleh aplikasi yang terinstal secara otomatis, tindakan yang harus Anda lakukan adalah menghapus aplikasi yang Anda curigai bervirus.

Begini caranya.

  1. Masuklah mode aman android. Triknya, matikan dan hidupkan kembali ponsel lalu tekan dan tahan saat layar ponsel menyala. volume turun Sampai HP berhasil booting.
  2. Jika berhasil, tulisan akan ditampilkan. mode aman / mod aman Di kiri bawah layar Android seperti yang ditunjukkan di bawah iniCara menghilangkan virus dari hp
  3. Sekarang buka aplikasi. persiapan dan cari pengaturan aplikasi. Anda bahkan tidak ingin menelusuri dan menginstal aplikasi asing.
  4. Jika ditemukan, hapus instalan aplikasi seperti biasa.Cara Menghapus Virus Malware dari Android
  5. Satu hal lagi, jika menurut Anda virus berasal dari file yang Anda simpan, hapus juga file tersebut.
  6. Terakhir, restart Android untuk keluar dari safe mode.
Simak :  Fouad WhatsApp New version 2022 (Update) Terbaru

Atur Ulang Pabrik

Reset pabrik akan mengembalikan semua data dan pengaturan di Android Anda ke keadaan semula. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencadangkan semua data di memori internal sebelum melakukan langkah ini.

Karena semua data akan dihapus, virus yang saat ini ada di Android juga akan dihapus. Ini adalah metode yang paling kuat dan digunakan secara pribadi.

Jika Anda tertarik, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka aplikasi persiapan ke HP-mu.
  2. silahkan buka pengaturan manajemen umum lalu ketuk mengatur ulang (Biasanya HP A dan HP B memiliki setting reset yang berbeda, jadi jika tidak sama silahkan cari sendiri.)cara menghapus virus dari android oppo
  3. pilih selanjutnya Atur Ulang Pabrik. Pilih dari halaman berikutnya mengatur ulang Mulai prosesnya.Bagaimana menghapus virus dari Lenovo Android
  4. Terakhir, Anda perlu menunggu proses reset pabrik selesai hingga ponsel Anda diaktifkan kembali.
  5. menyelesaikan.

flash firmware

hapus virus dari android

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa mem-flash firmware sama saja dengan factory reset karena menghapus data. Hmm… Itu tidak sepenuhnya benar.

Terkadang melakukan reset pabrik masih meninggalkan sesuatu. Namun, mem-flash firmware akan menghapus semua data Android dan menggantinya dengan data baru dari firmware.

Jadi, jika Anda melakukan reset pabrik dan virus masih ada, maka flash firmware. Saya jamin virus Anda 100% benar-benar hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Bootloop (Macet di Logo/Mati Total)

Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan virus dari Android. akar juga bukan tanpa akar. Bagaimana, apakah virus di ponsel sudah berhasil dihilangkan? Jika Anda mengalami masalah, silakan tulis di bagian komentar.

Demikian artikel yang dapat saya berikan kesempatan ini. Semoga bermanfaat dan membantu dalam menghilangkan virus dari Android.