Home » Aplikasi » Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Masih banyak pengguna Android yang mengalami layar sentuh yang bergerak dengan sendirinya tanpa menyentuhnya. Yang masih belum paham umumnya akan mengira touchscreen-nya rusak.

Sebenarnya tidak benar dikatakan rusak, dan lebih tepatnya error karena ada kemungkinan layar sentuhnya tidak rusak. Hal ini sangat wajar karena saya pribadi pernah mengalaminya.

Terlalu banyak alasan yang membuat layar sentuh Android error. Selain itu, ada beberapa jenis kesalahan yang sering ditemui layar sentuh, seperti meleset, menekan sendiri atau melompat saat disentuh.

Penyebab layar sentuh bergerak sendiri

Seperti disebutkan di atas, ada banyak hal yang membuat layar sentuh Android bergerak sendiri. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi untuk layar kesalahan Android.

pengisi daya rusak

Sebenarnya, ini juga tidak berarti bahwa pengisi daya rusak. Secara umum, karena keluaran pengisi daya tidak kompatibel dengan Android dan layar sentuh bergerak dengan sendirinya, layar sentuh sering melompat saat disentuh saat digunakan.

Gunakan charger asli, atau setidaknya gunakan charger dengan output yang sama, agar layar Android Anda tidak ketinggalan, terutama saat digunakan saat mengisi daya.

Ya, selain membiarkan layar sentuh bergerak sendiri, pengisi daya yang rusak atau tidak tepat juga dapat menyebabkan masalah baterai yang terlalu panas di Android.

baterai lemah

Layar sentuh Android bergerak sendiri.

Saat baterai Android habis, performa biasanya otomatis menurun. Sistem Android juga menyesuaikan pengaturan untuk menghemat masa pakai baterai. Biasanya beberapa pengaturan berubah, misalnya dengan meredupkan kecerahan layar.

Penting untuk diketahui bahwa baterai Android yang lemah juga dapat menyebabkan kegagalan layar sentuh yang sering terjadi. Tidak jelas mengapa itu terkait. Namun, dalam praktiknya, sebagian besar layar sentuh akan kembali normal setelah mengisi daya baterai Android.

Simak :  7 Cara Cek Nomor XL Milik Sendiri + Orang Lain Via Online

jumlah RAM

Cara memperbaiki layar sentuh yang bergerak sendiri

Saat RAM penuh, kinerja Android juga akan otomatis menurun. Biasanya ada delay atau respon lambat saat melakukan pemesanan. Misalnya saya memilih aplikasi Instagram, tapi respon Android sangat lama. Dan ketika saya menekan aplikasi lagi, itu membuka aplikasi Facebook sebagai gantinya.

Jadi sangat umum untuk melewatkan menyentuh layar sentuh Android saat RAM penuh. Butuh waktu sedikit lebih lama untuk merespon perintah karena sistem Android lag.

Untuk mengatasi masalah ini, tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan. Atau, untuk informasi lebih lengkap, baca Cara Mempercepat Performa Android.

pelindung layar kotor

Penyebab layar sentuh android bergerak dengan sendirinya

Menggunakan pelindung layar untuk layar Android Anda sangat penting karena melindungi layar Anda dan membuatnya lebih kuat. Namun, kebersihan screen guard juga perlu diperhatikan. Karena menjadi kotor justru dapat menimbulkan masalah pada layar sentuh.

Terkadang, debu atau kotoran menempel pada pelindung layar dan layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Layar Android sering bergerak sendiri dapat disebabkan oleh pelindung layar yang kotor. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan screensaver Anda.

layar panas

Layar Android panas biasanya disebabkan oleh penyalahgunaan. Jika layar Android Anda panas, biasanya itu berarti komponen Android terlalu panas. Touchscreen menjadi kurang sensitif saat layar panas, sehingga sering bergerak sendiri.

Untuk mengatasinya, gunakan Android dengan bijak. Jika Anda perlu menggunakannya dalam waktu lama, gunakan pendingin seperti kipas angin untuk memperlambat proses pemanasan komponen Android Anda.

rom bug

Layar ponsel bergerak dengan sendirinya.

Bug sering ditemukan di ROM atau firmware apa pun, terutama ROM beta. Jadi, jika touchscreen bergerak sendiri setelah memperbarui firmware atau mengubah ROM, mungkin ada masalah dengan ROM yang Anda gunakan.

Saran saya, jika ingin mengganti ROM Android, bacalah komentar di forum atau grup yang menyediakan ROM. Jika masih ada bug, lebih baik tidak melakukannya. Namun, jika ROM adalah versi final atau stabilGunakan ROM.

Simak :  Mata-Mata Sosial WhatsApp: Aplikasi Penyadapan yang Direkomendasikan WA

layar sentuh rusak

Jika tidak ada cara lain bahkan setelah mencoba berbagai cara, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan pusat layanan yang dapat diandalkan. Karena sebagian besar tukang reparasi akan langsung memberi tahu Anda rusak Ketika ditanya tentang masalah ini.

Layar sentuh yang rusak juga merupakan fenomena alam, terutama jika terjatuh saat digunakan. Juga, layar sentuh memiliki batas waktu. Jadi jika batas yang ditentukan terlampaui, touchscreen bisa mengalami kerusakan, salah satunya touchscreen bergerak sendiri.

Ini adalah bagian dari penyebabnya, dan bagaimana menangani layar sentuh Android yang bergerak sendiri. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.